Viral Penemuan Wajan Raksasa dan Rantai Raksasa di Bantul. Dari informasi yang dihimpun, wajan tersebut ditemukan pada saat warga Kretek, Kelurahan Jambidan, Kapamewon Banguntapan, Bantul, ingin membangun lapangan sepakbola dan lapangan bermain anak-anak, selasa (31/8) sore.

Dalam kesempatan ini, Lurah Jambidan, Zubaidi mengatakan lokasi ditemukan wajan tersebut di tengah sawah dan ditemukan pada kedalaman 4 meter. Pemenuan wajan tersebut, ia katakan, sekira pukul 17.00 WIB sore hari.

Baca Yuk :



Viral Penemuan Wajan Raksasa dan Rantai Raksasa di Bantul

Warga Kapanewon Banguntapan, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dihebohkan dengan peristiwa penemuan wajan raksasa saat menggeruk tanah. Peristiwa itu pun tersebar luas hingga viral di media sosial.

Akan tetapi, disaat warga setempat melakukan pengerukan tanah menggunakan backhoe, malah menemukan wajan raksaasa.

Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta belakangan tengah menjadi perbincangan. Pasalnya di wilayah tersebut telah ditemukan dua benda peninggalan sejarah berupa wajan dan rantai berukuran besar.

Saat eskavator tengah menggali di kedalaman sekitar 3 meter, ujung bucket excavatormenyentuh benda keras seperti besi hingga penggalian dihentikan. Saat ditemukan, ukuran benda wajan itu sangat besar dengan ukuran melingkar setinggi 1 meter dan berdiameter sekitar 2-2,5 meter.

“Wajan ini dulu dari zaman Belanda,” kata Supardi, warga Pedukuhan Kretek, Kalurahan Jambidan, Kapanewon Banguntapan, Bantul yang juga penemu wajan.

Bekas Dudukan Pompa Zaman Belanda

Dalam keterangannya, ia menyebut jika wajan bukan merupakan alat penggorengan untuk memasak, melainkan sebuah dudukan pompa air besar di zaman Belanda agar pompa stabil.

Menurut dia, wajan tersebut berfungsi untuk menahan pompa agar keberadaannya tidak terkubur oleh tanah dan berfungsi maksimal. Pompa air yang digunakan sendiri dulu disebutkan untuk mengairi perkebunan tebu di kawasan sekitar.

“Jadi pompa itu kalau tidak diberi lomgam (wajan) dia akan semakin dalam. Akhirnya dia dikasih wajan dan dinding setebal sekitar satu meter,” kata dia.

Usai menemukan besi berukuran besar tersebut, warga setempat segera melaporkan kejadian itu ke Balai Pelestari Cagar Budaya (BPCB) untuk diteliti lebih lanjut. Dari kondisi, terlihat sudah lama terkubur tanah dengan sisi sisinya yang sudah berkarat tebal.

Saat ini keberadaan wajan masih berada di sekitar area penggalian, dengan dipasangi garis polisi demi mencegah hal-hal yang tidak diinginkan terjadi.




Rencana ke depan, bejana raksasa itu akan dijadikan ikon wisata daerah di kawasan tersebut sebagai pengingat sejarah bagi para pengunjung yang datang.

Usai ditemukan wajan raksasa di Pedukuhan Kretek, Kalurahan Jambidan, Banguntapan, warga Bantul juga dikejutkan dengan adanya penemuan benda yang diduga bersejarah lainnya yakni rantai berukuran besar di Padukuhan Siyangan, Kalurahan Triharjo, Kapanewon Pandak, Bantul.

Melansir triharjo.bantulkab.go.id, rantai tersebut memiliki ukuran yang tak biasa yakni panjang 28 meter dan berat sekitar 1 sampai 2 ton. Mulanya rantai ditemukan oleh operator eskavator saat tengah melakukan normalisasi di temuran, antara sungai Bedog dan Progo.

Murdiono, selaku operator eskavator mengatakan. Mulanya ia bersama tim tengah menggali pasir dan batu untuk menimbun pusaran air di sungai besar tersebut. Ia pun penasaran dan terus menggali hingga menemukan rantai diduga peninggalan zaman Belanda sepanjang kurang lebih 28 meter tersebut.

“Mulanya sedang gali sirtu untuk keperluan menimbun pusaran air, saya kira itu kayu, tapi setelah digali ternyata rantai sepanjang itu. Waktu itu ditemukan hari Selasa sekitar jam setengah 11 siang” katanya, melansir laman YouTube IAP Channel, Sabtu (4/9/2021).

Usai ditemukan, warga setempat secara bergotong royong langsung mengevakuasi rantai yang sudah berkarat tersebut ke permukaan untuk diamankan.

Menurut keterangan dari warga sekitar, turut disebutkan jika rantai besi tersebut merupakan peninggalan penjajahan Belanda yang dahulu dipakai untuk memperkuat struktur jembatan penghubung antar wilayah kampung/desa/di Kapanewon, Bantul.

Viral Penemuan Wajan Raksasa dan Rantai Raksasa di Bantul

Sumber : https://www.merdeka.com/jabar/hebohkan-warga-ini-cerita-di-balik-penemuan-wajan-dan-rantai-raksasa-di-bantul.html?page=all

 

Baca Yuk :