Update Gempa Terkini 28 Juni 2021 di Maluku dan Gunungkidul DIY. Informasi gempa terkini datang dari dua wilayah di Indonesia, yakni Maluku dan Gunungkidul, DI Yogyakarta. Kedua gempa yang terjadi pada hari ini (28/6/2021) berkekuatan di atas magnitudo 5.

Update Gempa Terkini 28 Juni 2021 di Maluku dan Gunungkidul DIY

Baca Yuk :

Gempa Terkini Maluku Tenggara Barat

Gempa terkini yang terjadi tadi pagi pukul 04.19 WIB mengguncang Maluku Tenggara Barat. Gempa berkekuatan M 5,1 itu terjadi pada kedalaman 111 kilometer.



Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyebut gempa tidak berpotensi menyebabkan tsunami. Belum ada informasi soal kerusakan dan korban jiwa akibat gempa saat ini.

Gempa ada pada titik koordinat 7,20 lintang selatan dan 129,82 bujur timur. Tepatnya pada 186 km barat laut Maluku Tenggara Barat.

Gempa Terkini Gunungkidul

Gempa terkini yang juga menghebohkan masyarakat terjadi di Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Gempa tersebut tidak berpotensi menimbulkan gelombang tsunami.

Gempa berkekuatan M 5,3 tersebut terjadi sekitar pukul 05.15 WIB. Kedalaman 48 kilometer. Titik koordinat gempa ada pada 8,49 lintang selatan dan 110,59 bujur timur. Tepatnya 55 km barat daya Gunungkidul.

Terasa di sejumlah daerah

Gempa terkini juga terasa di sejumlah daerah, seperti di Tulungagung, Kediri, Klaten, dan Ponorogo. Gempa terasa cukup kencang sehingga sebagian warga sampai keluar dari rumah mereka.

Seorang warga, Anna Sutrisno, mengaku saat itu dia berada di dapur, sedangkan suami dan anak anaknya berada di ruang keluarga.

“Saya kaget, piring dan gelas yang saya gantung bergoyang dan berbunyi seolah akan jatuh dari gantungan. Suami dan anak yang berada di ruang keluarga, langsung saya ajak lari keluar rumah,” kata Sutrisno, ibu rumah tangga Desa Jong Biru, Kecamatan Gampengrejo, Kabupaten Kediri.




Di Kabupaten Klaten, guncangan gempa juga turut terasa. Bahkan warga sempat mengira guncangan disebabkan oleh erupsi Gunung Merapi.

“Merapi sementara baik-baik saja. Akhir-akhir ini memang sekitar 3 atau 4 kali gempa terasa sampai kawasan Merapi,” sambung Wuryanto.

Baca Yuk :

Artikel Sebelumnya : «
Artikel Selanjutnya : »

Tags: , , , ,