Tips Sukses Kuliah di Harvard dari Nadhira, Alumni Harvard University. Untuk bisa kuliah di luar negeri tentu harus punya modal lebih, Inilah sebabnya Nadhira Nuraini Afifa, mahasiswi asal Indonesia, bisa kuliah S2 di Harvard University. Yuk intip beberapa kiat Sukses Nadhira untuk kamu yang ingin masuk Harvard University.

Tips Sukses Kuliah di Harvard dari Nadhira, Alumni Harvard University

Baca Yuk :

1. Belajar Bahasa Inggris
Tentunya yang namanya belajar tidak ada yang instan. Nadhira selalu membuat note untuk menghafal kosa kata setiap harinya. Ketika menonton film, dia memilih subtitle bahasa inggris. Di saat ada vocabulary yang tidak dimengerti, maka langsung dicari maknanya. Untuk melatih kemampuan bahasa inggris, kamu bisa mulai berlatih speaking, reading, writing dan listening. Semuanya bisa dilakukan secara mandiri, kok.

2. Memiliki Writing Skill
Kemampuan menulis merupakan salah satu skill yang diperlukan untuk menuangkan ide untuk membuat penelitian, artikel di koran dan lainnya. Dalam menulis, grammar dan vocabulary harus diperhatikan. Di bidang non-akademik, Nadhira menulis untuk berbagai surat kabar dan menjadi salah satu penulis untuk seri Harvard Chan’s Voices in Leadership.

3. Membuat Rencana
Membuat perencanaan adalah sesuatu penting untuk dalam mencapai goals jangka panjang. Biasanya Nadhira membuat catatan untuk tujuan-tujuan tertentu yang ingin dicapai. Hal ini berguna agar fokus dengan target yang ingin dicapai. Kamu bisa menuliskannya di jurnal atau di perangkat yang sering dilihat, seperti smartphone atau laptop.

4. Mempunyai Sifat Gigih
Dalam belajar mempunyai sifat gigih dan tahan banting akan membantu kamu dalam menghadapi situasi yang dihadapi. Sifat yang tahan banting akan membuat kamu survive. Bahkan Nadira mengaku kalau perjalanannya tidaklah mulus, alias banyak menghadapi kegagalan. Kalau ini, harus ditempa dengan pengalaman.

5. Jangan Takut untuk Bermimpi
“Bermimpilah setinggi mungkin, karena yang membatasi mimpi itu cuma pikiran kita sendiri.” Itulah salah satu isi pidato Nadhira. Semua orang punya kesempatan yang sama untuk mewujudkan mimpinya, tidak hanya yang pintar atau keluarga yang punya privileged. Oleh karena itu, jangan patah semangat dan tetap gigih dalam mencapai mimpi.

Janganlah mudah menyerah ya. Apalagi di tengah pandemi saat ini. Sebab, skill yang kamu miliki, kelak akan sangat berguna untuk membantu pemerintah Indonesia. Bukankah akan sangat menyenangkan jika kita dapat berkontribusi pada perkembangan Indonesia di masa depan?

*sumber: https://swara.tunaiku.com/kariersukses/edukasi/mahasiswa-indonesia-pidato-kelulusan-di-harvard-intip-kiat-suksesnya

Baca Yuk :

Artikel Sebelumnya : «
Artikel Selanjutnya : »

Tags: , ,