Tips Menabung Ini Jika Mau Kuliah di Luar Negeri. Siapa yang nggak ingin menekuni pendidikan di luar negeri? Selain mendapatkan kesempatan untuk belajar dengan sistem pendidikan yang berbeda, kamu pun dapat mengenal budaya serta tradisi yang unik, menambah pertemanan serta jaringan di lingkungan baru, menikmati kuliner yang kaya cita rasa, sekaligus menjelajahi tempat wisata di sana.

Tips Menabung Ini Jika Mau Kuliah di Luar Negeri

Baca Yuk :

Namun untuk merasakan pengalaman menyenangkan itu, ada beberapa hal yang perlu kamu korbankan sebelumnya, dan salah satunya adalah menyiapkan biaya yang nggak sedikit. Mungkin kamu mendapatkan beasiswa, namun itu belum tentu cukup untuk menutupi biaya hidup sehari-hari selama kuliah. Jadi, pastikan kamu menabung sebelum berangkat kuliah di negeri orang! Bagaimana caranya?



  1. Dapat pekerjaan sebelum berangkat

Melansir dari Elite Daily, salah satu cara mendapatkan uang tambahan untuk biaya kuliah di luar negeri adalah dengan bekerja. Ambil pekerjaan yang sesuai dengan kemampuanmu, entah itu menjadi sales promotion girl pada acara-acara tertentu, menjadi admin toko selama beberapa bulan, entah lainnya. Jika memungkinkan, ambil lebih dari satu pekerjaan. Namun, ini kembali lagi pada kemampuan dan kondisi dirimu. Tapi dengan bekerja, kamu memiliki tabungan untuk berangkat kuliah!

  1. Mengurangi aktivitas nongkrong

Jujur saja, berapa banyak uang yang dihabiskan saat sedang nongkrong atau bermain bersama teman? Karena sedang berfokus merencanakan kuliah di luar negeri, nggak ada salahnya untuk mengurangi aktivitas itu demi menabung untuk biaya tambahan hidup di lingkungan baru nan jauh nanti. Mungkin kamu akan melewatkan beberapa momen seru bersama teman-temanmu. Tapi selalu ingat, kamu pun akan merasakan pengalaman yang lebih menyenangkan ketika nanti berada di kampus dan bertemu banyak teman baru. Jadi, jangan iri maupun bersedih hati! Kalau teman menanyakan ketidakhadiranmu, jelaskan alasanmu untuk mengurangi pergi bermain bersama mereka.

  1. Menyimpan uang kembalian

Jangan mengabaikan uang logam sisa kembalian belanja, Sobat Phi. Sebaliknya, tabung dalam celengan atau kumpulkan dalam suatu wadah tertentu. Begitupun pada uang kembalian pecahan ribuan, simpan dan jangan gunakan kembali untuk belanja selanjutnya. Sebab, ini menjadi cara ampuh untukmu mempunyai tabungan kuliah. Ketika sudah dirasa memenuhi celengan, bongkar! Kamu bisa menggunakannya untuk membayar biaya semester atau membeli kebutuhan hidup sehari-hari selama di luar negeri.

  1. Memiliki satu tabungan saja

Sebagian orang beranggapan jika memiliki rekening bank lebih dari satu dapat membantu menyimpan tabungan lebih mudah dan awet. Namun, kelemahan dari teknik ini adalah sulit mengendalikan uang di beberapa akun berbeda. Bahkan, dapat membuatmu lupa untuk mengelola uang di akun-akun yang terpisah itu. Jika terabaikan, rekening dapat mati dan uang hangus begitu saja. Daripada begitu, kumpulkan uang dalam satu rekening saja, Sobat Phi. Kamu akan lebih mudah mengelola pengeluaran dan pemasukan, serta nggak memusingkan biaya administrasi per bulannya.

  1. Mengurangi beberapa beban pengeluaran

Menyimpan uang akan jauh lebih mudah jika memangkas pengeluaran yang bisa dihindari. Contohnya, kamu menutup akun keanggotaan tempat fitness dan memilih olahraga mandiri yang nggak mengeluarkan biaya sepeser pun. Ini dapat menambah jumlah uang yang bisa kamu simpan per bulan! Karena itu, coba pertimbangkan seluruh pengeluaranmu setiap bulan. Kemudian, mulai hentikan beberapa beban yang bisa kamu hindari dan mengalokasikannya ke dalam tabungan.

  1. Memberi hadiah untuk diri sendiri

Mengapa mengeluarkan biaya untuk membelikan hadiah sendiri, padahal sedang giat menabung? Sederhana, ini dapat menjadi salah satu motivasi agar kamu dapat menabung lebih giat lagi! Misalnya, kamu membuat target untuk menabung sampai sejumlah tertentu dan akan membeli makeup favorit ketika jumlah itu tercapai. Nggak masalah untuk sesekali mentraktir dirimu sendiri, kok. Cara ini juga sebagai bentuk penyeimbang dalam kehidupanmu yang tengah berhemat. Namun jangan sampai menghabiskan tabunganmu begitu banyak, ya! Keluarkan secara rasional dan kembali menabung ketika sudah selesai menghadiahi diri sendiri.

  1. Mencari tambahan uang selama kuliah nanti

Uang tabungan yang kamu kumpulkan selama sebelum kuliah, belum tentu bisa bertahan sampai kamu wisuda. Karena itu saat kuliah nanti, cari cara untuk mendapat uang tambahan demi memenuhi biaya kuliah maupun biaya sehari-hari. Entah itu mencari pekerjaan di sana, menjadi seorang freelance, dan sebagainya. Lakukan sesuai kemampuanmu dan jangan sampai kesibukan mencari uang tambahan itu mengganggu perkuliahanmu.




Kuliah di luar negeri dapat memberikan banyak manfaat, seperti menambah pertemanan baru dan memperluas jaringan perkenalanmu. Namun lebih dari itu, kuliah di luar negeri memberikan pengalaman berharga yang dapat membuatmu menjadi pribadi yang lebih baik, berwawasan luas, dan berpikiran terbuka pada berbagai hal. Jadi, semangat menabung demi mewujudkan impian itu ya.

Tips Menabung Ini Jika Mau Kuliah di Luar Negeri

sumber: https://www.popbela.com/career/working-life/dinalathifa/tips-kuliah-di-luar-negeri-1

Baca Yuk :