Tips Cara Ternak Jangkrik bagi Pemula. Bagaimana kunci sukses beternak jangkrik? Pemilik brand tokomurahbasmalah yaitu Muhammad Rachmizan akan membeberkan apa saja tips yang harus diperhatikan peternak jangkrik newbie alias pemula.


Baca Yuk :

Cara ternak jangkrik bagi pemula ini bisa ditekuni siapa pun. Sebab, ternak jangkrik masih memiliki pasar yang potensial hingga kini. Sudah banyak orang yang sukses menambah penghasilan berkat ternak jangkrik.

Pengalamannya beternak jangkrik sejak 2014 sudah tidak perlu diragukan lagi. Kini dia telah menjadi pemasok jangkrik ke 15 toko burung dan aquarium di seputaran Jakarta Utara khususnya area Tj Priok.

Tips Cara Ternak Jangkrik bagi Pemula

Strategi penjualannya juga telah ditingkatkan dengan menggunakan e-commerce shopee dengan brand yaitu tokomurahbasmalah. Soal toko murah dia mengakui hanya mematok harga jual jangkriknya sebesar Rp52 Ribu per kilogram. Dengan harga segitu dirinya mengaku masih mendapatkan keuntungan.

Dari pengalamannya syarat utama berjualan jangkrik hanya satu yaitu wajib menjaga komitmen pada pelanggan dengan selalu memberikan jangkrik yang bagus. Ini berarti seorang peternak jangkrik sudah menjaga kualitas produknya yang terbaik.

Maka dari itu dia pun membagikan tips, yang pertama beternak jangkrik yang sangat mendasar yaitu tepat waktu dan disiplin dalam memberikan makan.

Tips kedua, jadwal makan jangkrik umumnya dua kali sehari, di waktu pagi dan sore hari. Tapi tergantung kualitas jangkriknya, karena semakin cepat makannya maka semakin baik.




Tips ketiga makanan jangkrik bervariasi bisa berupa daun pepaya, batang pepaya, daun singkong, dan pur ayam.

Tips keempat kandang jangkrik cukup sederhana dengan menggunakan bahan triplek ukuran 60x60cm. Sebaiknya dilapisi waterproof di sisi pinggiran demi menjaga jangkrik ukuran kecil agar tidak keluar.

Tips kelima, pertumbuhan jangkrik harus merata agar hasilnya bagus. Jangkrik alam biasanya dijual di toko buat pakan burung. Tapi kadang ada yang ditujukan buat pakan reptil atau arwana yaitu jangkrik kalung.

Tips keenam, wadpada saat membawa jangkrik karena ada risiko yang lemas dan di bawah karung banyak kotoran sehingga akibatnya banyak yang mati di karung.

Tips Cara Ternak Jangkrik bagi Pemula

Sumber : https://economy.okezone.com/read/2021/07/28/455/2447221/ini-6-cara-ternak-jangkrik-bagi-pemula?page=2

Baca Yuk :