Tips Cara Mengatur Keuangan Saat Berbisnis Kuliner Agar Tidak Rugi. Jika salah mengatur keuangan, bukannya untung bisa-bisa bisnis Anda malah mengalami kerugian. Untuk itu, sebaiknya terapkan 5 hal ini dalam mengatur keuangan bisnis kuliner Anda, seperti dikutip dari Posist.


Baca Yuk :

Berbisnis kuliner tentu bukan hal yang mudah. Sebab Anda tak boleh hanya mengandalkan kemampuan memasak saja. Namun, diperlukan kepiawaian dalam mengatur keuangan atau cash flow.

Tips Cara Mengatur Keuangan Saat Berbisnis Kuliner Agar Tidak Rugi

Buat Anggaran Biaya

Langkah awal agar keuangan bisnis terkontrol yakni membuat anggaran biaya. Hal ini penting untuk mencegah kebingungan dalam mengatur keuangan sekaligus menghindari pengeluaran biaya yang lebih banyak dari seharusnya. Selain Anda juga jadi lebih bisa memperhitungkan seberapa banyak yang yang dimiliki dan berapa banyak yang dapat Anda hasilkan dari bisnis kuliner. Anggaran juga membantu Anda dalam menentukan biaya yang harus menjadi prioritas.

Analisa Keuangan Secara Berkala

Walau sudah membuat anggaran di awal, namun bukan berarti Anda melepas begitu saja keadaan keuangan bisnis kuliner. Sebaliknya, Anda justru harus mengecek dan menganalisa keuangan usaha secara berkala. Mulai dari berapa banyak pelanggan yang datang per hari, berapa besar pengeluaran, dan lainnya. Hasil analisa tersebut dapat dijadikan pedoman untuk memantau apakah keuangan sudah berjalan dalam koridor. Sekaligus menjadi bahan evaluasi saat ditemukan pengeluaran yang tidak semestinya.

Hindari Kredit Berlebih

Salah satu kesalahan keuangan yang dilakukan pemilik bisnis kuliner, yakni menjalankan tagihan kredit yang tinggi. Sebetulnya, sah-sah saja jika membeli bahan baku secara kredit, karena Anda bisa mendapatkan harga yang lebih murah. Namun, di sisi lain berpotensi menimbulkan stok bahan yang menumpuk. Selain itu, tagihan kredit dapat membebani kondisi keuangan usaha yang Anda jalani. Oleh karena itu, sebagai pengusaha Anda harus bijak saat hendak berutang.

Persiapkan Dana Darurat

Dalam menjalankan usaha tentu dibutuhkan dana utama. Namun, jangan sampai Anda lupa untuk menyimpan dana cadangan sebagai dana darurat. Hal ini untuk berjaga-jaga apabila timbul masalah keuangan di kemudian hari, atau bisnis Anda mengalami kerugian karena sejumlah faktor sehingga membuat pemasukan tak sesuai target. Nah dengan menyisihkan dana cadangan ini diharapkan usaha Anda bisa tetap berjalan.




Pantau Pengeluaran Bahan Baku

Selain memastikan kualitas dan rasa dari makanan, penting bagi pengusaha kuliner untuk memonitor menu secara keseluruhan. Misalnya apakah porsi yang dihidangkan terlalu besar sehingga sering menghasilkan sampah makanan. Akibatnya terdapat bahan baku yang terbuang sia-sia dan merugikan bisnis Anda. Di samping itu, Anda juga harus mengecek secara rutin pembelian dan penggunaan bahan baku. Pastikan perhitungannya tepat, sehingga tidak ada bahan baku yang kadaluarsa sebelum sempat digunakan.

Tips Cara Mengatur Keuangan Saat Berbisnis Kuliner Agar Tidak Rugi

Sumber : https://food.detik.com/berita-boga/d-5655098/biar-nggak-rugi-begini-cara-atur-keuangan-saat-berbisnis-kuliner

Baca Yuk :