Tips Cara Mengatasi Nafsu Makan Hilang Karena Covid-19. Asupan yang bernutrisi tinggi penting untuk pemulihan Covid-19. Makanan yang sehat dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mengembalikan kekuatan.

Tips Cara Mengatasi Nafsu Makan Hilang Karena Covid-19

Baca Yuk :

Infeksi virus corona dapat membuat selera makan hilang terutama saat memiliki gejala kehilangan kemampuan merasa dan mencium. Namun, jangan biarkan hilang nafsu makan membuat Anda tak mendapatkan asupan yang bergizi.



Berikut sejumlah cara mengatasi nafsu makan hilang karena Covid-19 :

1. Konsumsi makanan tinggi protein

Saat nafsu makan hilang karena Covid-19, HSE merekomendasikan untuk tetap mendapatkan makanan yang tinggi protein. Kandungan protein dapat membantu memulihkan kondisi tubuh dan mencegah penurunan berat badan.

Sumber protein yang dapat dikonsumsi adalah dada ayam, daging, udang, ikan, telur, dan susu.

2. Makan dengan porsi kecil tapi sering

Nafsu makan yang hilang ditandai dengan rasa kenyang setelah makan sedikit dan juga perasaan tak ingin makan. Anda dapat menyiasati hal ini dengan makan porsi yang kecil, tapi sering.

Anda bisa makan dengan jeda setiap 3-4 jam. Selingi makanan dengan camilan yang sehat seperti puding, kacang-kacangan, yogurt, dan sereal.

3. Cari makanan yang menggugah selera

Bantu bangkitkan selera makanan Anda dengan makanan kesukaan Anda atau yang menggugah selera. Anda dapat meminta bantuan orang terdekat untuk membuat atau mengirimkan makanan favorit Anda.

Imbangi makanan ini dengan makanan yang sehat dan bernutrisi tinggi.

4. Menu yang bervariasi

Konsumsi makanan dengan menu yang bervariasi untuk membangkitkan selera makan. Menu yang bervariasi seperti makanan yang panas, makanan yang dingin, serta tekstur yang beragam juga dapat membantu merangsang kemampuan merasa.

5. Hirup udara segar

Cobalah untuk menghirup udara segar sebelum menyantap makanan. Studi menunjukkan menghirup udara segar dapat membantu meningkatkan selera makan.




Meski sedang isolasi dan tak bisa keluar rumah, Anda dapat membuka jendela atau berjemur sebentar sebelum makan. Cara lain, Anda juga bisa mengatur pernapasan untuk memastikan tubuh mendapatkan oksigen yang cukup.

6. Makan dalam posisi duduk

Makanlah dengan posisi yang nyaman saat duduk dengan punggung tidak membungkuk. Postur tubuh ini dapat membantu tubuh mencerna makanan dengan lebih baik.

7. Makan dengan pelan

Makan pula dengan perlahan untuk memberikan waktu tubuh yang sedang sakit mencerna makanan. Anda juga dapat menghancurkan makanan terlebih dahulu jika kesulitan menelan.

Itulah cara mengatasi nafsu makan yang hilang karena Covid-19. Orang yang kelebihan berat badan atau sedang berusaha menurunkan berat badan tidak disarankan untuk melanjutkan diet saat sedang sakit.

Cobalah untuk tetap makan-makanan bergizi dan mempertahankan berat badan hingga benar-benar pulih. Diet dapat dilanjutkan kembali saat sudah sehat.

Sumber : https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20210716094103-267-668484/7-cara-mengatasi-nafsu-makan-hilang-karena-covid-19

Baca Yuk :