Tips Belanja Online yang Aman Supaya Tidak Tertipu. Tips aman belanja online agar tidak tertipu, penting untuk melakukan langkah-langkah berikut ini demi keamanan dan kenyamanan.

Sebelum adanya internet, untuk berbelanja kebutuhan utama sehari-hari, kebutuhan sekunder hingga tersier biasa dilakukan secara langsung ke tempat di mana penjual berada.

Baca Yuk :

Tips Belanja Online yang Aman Supaya Tidak Tertipu

Belanja online kini sudah menjadi tren yang cukup populer dalam kegiatan berbelanja. Namun berbelanja online memiliki beragam resiko, seperti barang yang tidak sesuai hingga penipuan. Anda harus lebih berhati-hati dalam melakukan belanja online sehingga tidak menjadi korban penipuan.

Hal positif saat kita berbelanja secara langsung adalah kita bisa lebih menjamin kondisi barang yang dibeli secara pasti. Dan, barang tersebut langsung berada di tangan kita setelah selesai dibayar.

Salah satu hal negatif beli sesuatu secara langsung adalah soal waktu dan tenaga. Inilah yang kemudian bisa diatasi dengan adanya aktivitas belanja online berkat teknologi internet.

Masalahnya, belanja secara daring memiliki potensi terhadap isu keamanan dan kepercayaan.

Belanja daring jadi pilihan cerdas di tengah situasi pandemi Covid-19. Namun, di sisi lain, berbelanja secara daring membuat kita tak bisa melihat penjual secara langsung dan menyentuh produk yang diinginkan. Oleh karena itu, Anda mesti lebih waspada dan berhati-hati sebelum bertransaksi secara online.

Dengan berbelanja online, kita tidak bisa memastikan barang yang akan dibeli secara langsung. Apakah itu asli atau tiruan, tidak mengenal penjual dan sebagainya.

Aktivitas belanja secara daring juga bisa mengancam keamanan jika tidak dilakukan secara hati-hati. Agar terhindar hal-hal yang tak diinginkan, simak beberapa tips penting berikut ini:

1. Memeriksa identitas penjual

Setiap Anda melakukan transaksi belanja online, pastikan kontak yang tertera adalah kontak yang masih aktif dan bisa dihubungi. Pastikan juga bahwa kontak yang dicantumkan cukup lengkap dan jelas, seperti nama toko online, alamat penjual, alamat email penjual, dan nomor telepon.

2. Selalu periksa ulasan produk

Hadirnya fitur ulasan dalam toko online memiliki maksud yang jelas, yakni agar pelanggan baru bisa memastikan bahwa mereka akan membeli produk di orang atau perusahaan yang terpercaya. Pastikan Anda mendapat opini yang cukup jelas sebelum Anda membeli sesuatu secara online.

3. Jangan berikan terlalu banyak informasi

Dalam pembelian online, data atau persyaratan yang seharusnya diberikan adalah detail kartu kredit, alamat, dan nomor teleon Anda. Jika sebuah toko online menanyakan hal lain, seperti nomor keamanan akun Anda, patut Anda curigai.

4. Meminta foto yang ditandai

Saat melakukan pembelian secara online selalu ada risiko bahwa foto yang dipasang oleh penjual adalah foto yang diambil dari situs lain. Sebaiknya Anda meminta sang penjual untuk mengirimkan foto yang ditandai dengan tanggal foto tersebut dikirim atau penanda lain untuk memastikan foto tersebut asli.

5. Cek harga

Periksa pula harga yang ditawarkan oleh toko daring. Selalu curiga jika toko tersebut menawarkan harga yang terlalu murah dan jauh dari harga rata-rata di pasaran. Jika harga terlalu murah, ada kemungkinan produk palsu atau tidak orisinal.

6. Pilih toko yang direkomendasikan

Pilih-lah toko daring yang sudah direkomendasikan oleh orang lain seperti teman maupun dari e-commerce. Beberapa platform e-commerce seperti Shopee, Tokopedia, Blibli, Lazada, dan lainnya memberikan label toko rekomendasi atau toko berbintang untuk para penjual. Toko-toko ini umumnya sudah terpercaya dan memiliki banyak pelanggan tetap.

7. Baca kebijakan situs

Perusahaan yang memiliki reputasi baik akan selalu memiliki sub situs tentang kebijakan privasinya. Sangat penting untuk memastikan bahwa perusahaan hanya menggunakan data Anda untuk pembelian di toko online mereka.

Memastikan langkah-langkah di atas penting dilakukan setiap kita ingin belanja online. Dengan mengikutinya, hal-hal yang tidak diinginkan bisa dihindari demi kenyamanan dan keamanan bertransaksi secara daring.

Baca Yuk :