Tata Cara Shalat Idul Adha dari Rumah saat Covid-19 dan PPKM Darurat. Diketahui, menindaklanjuti pemberlakuan PPKM Darurat, Kemenag (Kementerian Agama) menerbitkan SE (Surat Edaran) No. 17 Th. 2021 tentang peribadatan yang ditiadakan sementara, termasuk pelaksanaan sholat Idul Adha maupun malam takbiran.

Tata Cara Shalat Idul Adha dari Rumah saat Covid-19 dan PPKM Darurat

Baca Yuk :

Tata cara shalat Idul Adha 1442 H dari rumah. Kondisi panemi memaksa semua orang untuk membatasi aktivitas di luar rumah. Apalagi selama Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat di sejumlah daerah dari tanggal 3-20 Juli 2021 yang rencanaya akan di perpanjang hingga 30 Juli 2021.



Merujuk surat edaran tersebut, umat muslim yang akan merayakan Idul Adha dianjurkan untuk melaksanakan shalat Idul Adha di rumah saja secara berjamaah. Idul Adha diperingati tanggal 10 Dzulhijjah 1442 H atau tanggal 20 Juli 2021.

Shalat Idul Adha terdiri dari 2 raka’at, berikut tata cara shalat Idul Adha

1. Niat

2. Takbiratul ihram

3. Membaca doa iftitah

4. Membaca takbir 7 kali pada rakaat pertama

Di antara takbir-takbir (takbir zawa-id) yang ada tadi tidak ada bacaan dzikir tertentu. Namun ada sebuah riwayat dari Ibnu Mas’ud, ia mengatakan, “Di antara tiap takbir, hendaklah menyanjung dan memuji Allah.” Syaikhul Islam mengatakan bahwa sebagian salaf di antara tiap takbir membaca bacaan,

سُبْحَانَ اللَّهِ وَالْحَمْدُ لِلَّهِ وَلَا إلَهَ إلَّا اللَّهُ وَاَللَّهُ أَكْبَرُ . اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِي وَارْحَمْنِي

“Subhanallah wal hamdulillah wa laa ilaha illallah wallahu akbar. Allahummaghfirlii war hamnii (Maha suci Allah, segala pujian bagi-Nya, tidak ada sesembahan yang benar untuk disembah selain Allah. Ya Allah, ampunilah aku dan rahmatilah aku).”

Namun ingat sekali lagi, bacaannya tidak dibatasi dengan bacaan ini saja. Boleh juga membaca bacaan lainnya asalkan di dalamnya berisi pujian pada Allah Ta’ala.




5.Membaca Al-fatihah

6. Membaca surat pendek dalam alquran

7. Ruku

8. I’tidal

9. Sujud

10. Duduk diantara 2 sujud

11. Sujud

12. Ulangi cara di atas, namun pada rakaat kedua, bacaan takbir dibaca 5 kali

13. Tasyahud Akhir

14. Khutbah setelah shalat Ied

Dari Ibnu ‘Umar, ia mengatakan,

كَانَ رَسُولُ اللَّهِ – صلى الله عليه وسلم – وَأَبُو بَكْرٍ وَعُمَرُ – رضى الله عنهما – يُصَلُّونَ الْعِيدَيْنِ قَبْلَ الْخُطْبَةِ

“Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam dan Abu Bakr, begitu pula ‘Umar biasa melaksanakan shalat ‘ied sebelum khutbah.” (HR. Bukhari no. 963 dan Muslim no. 888).

Berikut tadi tata cara melaksanakan shalat idul Adha 1442 H di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat hari raya Idul Adha 1442 H.

Tata Cara Shalat Idul Adha dari Rumah saat Covid-19 dan PPKM Darurat

Sumber : https://portalbangkabelitung.pikiran-rakyat.com/pendidikan/pr-982232519/wajib-tahu-berikut-tata-cara-shalat-idul-adha-dari-rumah-saat-covid-19-dan-ppkm-darurat

Baca Yuk :