Solusi Berhemat saat Kuliah di Tengah Pandemi. Biaya perkuliahan yang semakin mahal, ditambah pandemi covid-19 membuat banyak orang menunda untuk kuliah. Padahal bisa kok melanjutkan kuliah di situasi seperti ini. Ada banyak cara yang bisa kamu lakukan. Nah, berikut ini ada 5 solusi agar tetap bisa kuliah walau keuangan terbatas.

Solusi Berhemat saat Kuliah di Tengah Pandemi

  1. Mencari Beasiswa

Ada banyak jenis beasiswa yang bisa didapatkan baik beasiswa saat baru ingin masuk universitas atau ada pula beasiswa yang didapatkan setelah berstatus mahasiswa. Apapun jenis beasiswa yang kamu pilih, semuanya memberikan keuntungan karena bisa membantu biaya pendidikan menjadi lebih ringan. Bahkan tidak sedikit lembaga pendidikan yang memberikan beasiswa penuh untuk mahasiswanya jika berhasil memenuhi persyaratan tertentu.

  1. Freelance sambil Kuliah

Banyak jenis pekerjaan freelance yang bisa dilakukan sambil kuliah. Akan tetapi paling enak jika pekerjaan yang diambil sesuai dengan jurusan kuliah atau hobi. Misalnya saja jika kuliah jurusan komunikasi bisa mengambil freelance sebagai penulis atau fotografer. Pekerjaan ini termasuk yang cukup banyak dicari dan diminati belakangan ini.

  1. Part Time sambil Kuliah

Menjadi freelance dan pekerja part time adalah dua hal yang berbeda. Freelance tidak terikat waktu kerja sehingga lebih fleksibel dan bisa dikerjakan kapanpun tanpa harus mengganggu waktu kuliah. Sedangkan part time atau pekerja paruh waktu memiliki keterikatan dengan tempat kerja serta jam kerja juga telah ditentukan.

Pada umumnya, pekerjaan part time dilakukan sekitar 4-5 jam. Maka dari itu untuk bagi kamu yang ingin kuliah sambil bekerja part time harus bisa mengatur waktu dengan baik agar tidak bentrokan antara waktu kuliah dan bekerja. Ada banyak jenis pekerjaan part time yang bisa dicoba seperti menjadi pelayan, kasir atau bahkan part time marketing.

  1. Wirausaha sambil kuliah

Berwirausaha sambil kuliah tidak melulu harus membutuhkan modal. Ada banyak jenis bisnis yang bisa dimulai bahkan tanpa modal sekalipun seperti menjadi reseller untuk online shop. Bisnis ini sangat cocok untuk mahasiswa kuliah jurusan komunikasi karena pasti memiliki kemampuan komunikasi yang bagus untuk memasarkan produk jualannya.

Menjalankan bisnis sambil kuliah memang bukan hal yang mudah untuk dilakukan. Tidak sedikit yang justru tertarik mengembangkan bisnis hingga mengabaikan perkuliahan. Niat awal membuat usaha untuk membiayai biaya kuliah menjadi berubah karena prospek bisnis yang biasanya terus meningkat. Maka dari itu jika ingin memulai berwirausaha sambil kuliah, harus benar-benar memiliki komitmen tinggi agar tidak mengganggu perkuliahan.

  1. Kuliah Online atau Blended Learning

Saat ini dengan pesatnya teknologi, pendidikan tidak hanya diperoleh dengan cara konvensional, melainkan juga dengan cara online. Satu-satunya yang tersedia di Indonesia adalah melalui Pintaria.com, sebuah portal yang memberikan berbagai pilihan program kuliah bagi karyawan secara online atau blended learning. Kuliah jenis ini sangat cocok untuk kamu yang ingin kuliah namun tetap sambil bekerja demi bisa membayar biaya kuliah.

Itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan saat ingin kuliah namun memiliki keterbatasan ekonomi. Jika ada niatan yang kuat, biaya kuliah murah bukan lagi menjadi masalah karena ada banyak cara untuk meraih gelar Sarjana.

Solusi Berhemat saat Kuliah di Tengah Pandemi

*sumber: https://swara.tunaiku.com/kariersukses/edukasi/5-solusi-bisa-kuliah-walau-uang-terbatas-kuliah-online-salah-satunya