Saturnus Fenomena Langka Konjungsi Tripel. Fenomena ini disebut tripel konjungsi Bulan, Jupiter, dan Saturnus. Berdasarkan keterangan resmi Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), kalian bisa mengamati fenomena ini dari arah Timur-Tenggara dekat konstelasi Capricornus.

Saturnus Fenomena Langka Konjungsi Tripel

Selama tiga hari berturut-turut, pada 6-8 April, langit Indonesia dihiasi penampakan Saturnus yang berdekatan dengan Bulan dan Jupiter.

Adapun waktunya adalah pada subuh hari, sekitar pukul 03.00 WIB sampai fajar bahari berakhir atau 42 menit sebelum matahari terbit.

Dikutip dari laman resmi Lapan RI, fenomena ini dapat disaksikan di arah Timur-Tenggara dekat konstelasi Capricorn sejak pukul 03.00 waktu setempat hingga fajar bahari berakhir. Dalam fenomena ini, magnitudo Jupiter sedikit bervariasi antara -2,08 hingga -2,09, sedangkan magnitudo saturnus konstan di angka +0,75. Bulan berfase sabit akhir ketika konjungsi tripel dengan iluminasi bervariasi antara 34,4 persen hingga 15,8 persen.

Magnitudo Jupiter sedikit bervariasi antara -2,08 hingga -2,09. Sedangkan magnitudo Saturnus konstan di angka +0,75. Sementara itu, Bulan akan berfase sabit akhir ketika konjungsi tripel dengan iluminasi bervariasi antara 34,4% sampai 15,8%.

Konjungsi planet merupakan suatu keadaan dimana planet berada dalam posisi yang berdekatan atau sedang berpapasan. Nah, posisi inilah yang disebut dengan konjungsi planet. Sehingga bisa diartikan bahwa konjungsi planet merupakan keadaan dimana Bumi, planet lain berada di satu garis lurus.

Berikut ini 7 fakta unik Saturnus, disadur dari web detikINET :

  1. Butuh kurang lebih sembilan Bumi yang berjajar untuk bisa menyamai diameter Saturnus, itu pun belum termasuk cincinnya
  2. Saturnus butuh waktu 10,7 jam (walau tidak diketahui secara pasti) untuk menyelesaikan putaran di porosnya dan 29 tahun untuk mengorbit Matahari
  3. Saturnus terbuat dari gas dan tidak memiliki permukaan seperti di Bumi
  4. Komponen di atmosfer Saturnus didominasi oleh Hidrogen dan Helium
  5. Terdapat 53 bulan yang diketahui mengorbit Saturnus. Selain itu, ada 9 satelit alami lagi yang masih menunggu kepastian, sehingga totalnya bisa menjadi 62
  6. Cincin Saturnus terdiri dari berbagai material dan bermacam ukuran, dengan total ada 7 bagian utama di dalamnya. Cincin ini menghujani Saturnus dengan berbagai material dengan intensitas tinggi, diperkirakan hingga 45.000 kg per detik. Cincin Saturnus juga bisa ‘hilang’ dari penglihatan jika berada sangat sejajar dengan Bumi
  7. Tidak seperti di planet-planet lainnya, Saturnus termasuk planet yang cukup membingungkan karena penghitungan waktu dan hari di planet tersebut masih belum bisa diprediksi.

Saturnus Fenomena Langka Konjungsi Tripel

Sumber : https://inet.detik.com/science/d-5523780/7-fakta-unik-saturnus-malam-ini-fenomena-langka-konjungsi-tripel


Read previous post:
Harga dan Spesifikasi Realme 8 dan 8 Pro 108 MP
Harga dan Spesifikasi Realme 8 dan 8 Pro 108 MP

Harga dan Spesifikasi Realme 8 dan 8 Pro 108 MP. Realme memboyong dua ponsel barunya ke Indonesia, yaitu Realme 8...

Close