Review Realme C25s HP Tahan Banting dan Baterai Awet. Seri C dari realme telah digunakan oleh lebih dari lima juta orang di Indonesia. Berangkat dari sana, realme C25s hadir berkat tingginya permintaan seri C yang terkenal dengan baterainya yang besar dan harganya yang kompetitif.


Baca Yuk :

Realme baru saja meluncurkan smartphone entry level seri-C terbaru di Indonesia lewat realme C25s. Ponsel ini diperkuat chipset Helio G85 dengan Baterai Besar 6000mAh.

Selain itu, realme C25s merupakan ponsel kelas pemula yang kuat dan tahan banting karena diperkuat sertifikasi TUV Rheinland. Ini merupakan standar baru realme untuk ponsel entry-level sembari mengakomodasi kebutuhan pengguna di segmen harga tersebut.

Review Realme C25s HP Tahan Banting dan Baterai Awet

Desain
Realme C25s memiliki dimensi 164,5 x 75,9 x 9,6 mm dan bobot 209 g. Pada punggung ponsel, tepatnya di bagian kanan bawah, terdapat nama realme. Di sana juga terletak sensor sidik jari.

Bagian bawahnya ada port jack headphone 3.5mm, USB-C, hingga speaker. Bagian kanan ada slot Dual-Sim dengan microSD yang menampung kapasitas hingga 256GB. Sedangkan di bagian kiri ada tombol pengatur volume dan daya mati/hidup.

Salah satu yang menarik adalah tekstur bagian belakang yang diproses menggunakan mesin pengukir radium presisi lima sumbu terkemuka dalam 300 menit pemolesan dan dikerjakan oleh pemimpin industri dari Jerman. Lebih dari 450 kurva diukir untuk menciptakan efek cahaya reflektif khusus.

Penggunaan teknologi ini membuat desain realme C25s lebih berwarna, menarik, tidak mudah terkena sidik jari, dan efektif mencegah goresan dan geseran.

Ini bisa dibuktikan dengan cara menggesek panel belakang dengan kuku. Gesekan ini akan menimbulkan suara khusus, namun tidak menampilkan bekas goresan. Ini menjadikan ponsel nyaman digenggam, tanpa perlu soft case yang sebenarnya juga disediakan Realme dalam boksnya.

Modul kamera juga didesain berbentuk persegi yang kini tengah populer. Komponen lensa, flashlight, dan kamera ditempatkan secara canggih di tepi dan sudut, membuat bagian belakang tampil lebih premium dan trendi.

Ada dua warna yang disediakan realme C25s, yakni Water Blue dan Water Grey. Suara.com kebetulan mendapatkan varian warna Water Grey. Isi boks realme C25s terdiri dari ponsel, charger 18 Watt, kabel USB-C, kartu garansi, panduan cepat, pelontar kartu SIM, dan sudah dilapisi pelindung layar secara otomatis.

Layar
Realme C25s membawa layar IPS LCD berukuran 6,5 inci dengan rasio 20:9. Ukuran layar ini membuat bidang pandang menjadi lebih besar, memberikan pengalaman game terbaik, dan menikmati video lebih puas.

Selain itu, layar realme C25s juga memiliki resolusi 1600 x 720 piksel atau HD Plus, kecerahan hingga 570 nits, rasio screen to body 89,5 persen, dan kamera selfie mini-drop di depannya.

Kamera
Realme C25s memiliki modul tiga kamera belakang yang terdiri dari kamera utama 48 MP, kamera monokrom 2 MP, dan kamera makro 2 MP. Sementara kamera selfie memiliki resolusi 8 MP.

Kamera utama 48 MP dengan aperture besar f/1.8 ini mampu mengadopsi sensor gambar luas dan mengunci cukup cahaya sehingga membuat foto menjadi lebih jernih dan cerah.

Selain itu, kamera ini mendukung PDAF yang membuat fokus lebih cepat dan tepat. Mode Zoom 5x memungkinkan pengguna untuk mengambil foto yang jelas dari jarak jauh.

Kamera makro 2 MP memungkinkan pengguna untuk memotret foto makro yang menakjubkan dengan detail. Dengan kamera ini, kalian dapat menikmati serta menjelajahi pesona dunia mikro.

Kamera monokrom atau lensa hitam putih B&W 2 MP memberikan efek artistik khusus untuk potret. Kamera ini mereproduksi potret dalam hitam dan putih, memberikan eksposur yang lebih tinggi, dan meningkatkan kontras antara terang dan gelap gambar.

Dalam mode Portrait, pencahayaan, suhu warna, rona, dan parameter lainnya berulang kali disesuaikan dengan baik. Sebagai simulasi untuk menghasilkan karya potret terbaik, foto bisa disetel ke gaya film retro dengan penerapan yang luas sebagai tambahan tekstur untuk hasil akhir foto.

Di bagian depan, kamera selfie 8MP dapat mengambil foto selfie yang jernih. Kamera ini mendukung fungsi AI beautification, HDR Mode, hingga Portrait Mode. Fitur ini akan memberikan pengguna pengalaman kamera terbaik di segmennya.

Mesin
Realme C25s dilengkapi dengan prosesor delapan inti 12mn yang memiliki clock hingga 2,0 GHz, mengadopsi dua CPU Arm Cortex-A75 yang beroperasi hingga 2GHz dan enam prosesor Cortex-A55 yang berjalan hingga 1,8GHz.

Prosesor game yang kuat ini mampu menangani judul game mainstream apa pun dengan mudah dalam kinerjanya. Dibandingkan dengan smartphone lain di segmen ini, skor benchmark realme C25s lebih tinggi.

Untuk game Mobile Legends misalnya, realme C25s bisa dimainkan dengan pengaturan grafis tinggi. Ini akan memberikan pengalaman main game terbaik bagi mereka yang menggunakannya.




Chipset ini dipasangkan dengan RAM LPDDR4x 4GB dan memori penyimpanan 128GB. Ponsel menjalankan sistem operasi Android 11 dan tampilan antarmuka realme UI 2.0.

Performa dan Daya Tahan
Realme C25s memiliki baterai besar mega 6000mAh dengan Super Power Saving Mode. Baterai besar ini memungkinkan penggunaan ponsel tanpa henti.

Dalam pengujian lab, realme C25s dapat bertahan selama 51 hari dalam mode standby, bahkan jauh lebih baik daripada beberapa daya smartphone flagship.

Berdasarkan pengujian lab, daya tahan baterai ini mampu menjalankan panggilan telepon selama 54 jam, YouTube 25 jam, Spotify 110 jam, dan game Mobile Legends selama 10 jam.

Jika baterai ponsel 5 persen sekaligus menjalankan Super Power Saving Mode, maka realme C25s bisa menjalankan panggilan telepon selama 2,5 jam, mode standby 70 jam, Spotify 5 jam, dan WhatsApp hampir 2 jam.

Saat dites, baterai ini mampu bertahan hingga hampir dua hari dengan pemakaian seperti jelajah browser, media sosial, menonton video streaming, ataupun main game selama satu hingga dua jam.

Suara.com mencoba tes ketahanan baterai realme C25s dengan memainkan game Mobile Legends (MLBB). Selama satu jam, baterai ponsel berkurang sekitar 10 persen dari penuh. Saat dimainkan hingga tiga jam, baterai berkurang sekitar 34 persen.

Dalam mode charger, pengisian dari nol hingga penuh memerlukan waktu hingga tiga jam. Hal ini tak terlalu mengejutkan mengingat baterai realme C25s yang besarnya hingga 6.000mAh.

Tak hanya unggul di baterai, realme C25s juga memiliki sertifikasi keandalan tinggi smartphone TÜV Rheinland. Ini menjadikannya smartphone dengan daya tahan yang tangguh.

Sertifikasi Keandalan Tinggi Smartphone TÜV Rheinland merupakan standar kualitas tinggi untuk konsumsi barang elektronik, serta merupakan standar industri untuk pasar-pasar besar di seluruh dunia.

Menurut standar sertifikasi Kualitas TÜV Rheinland terbaru, sebagian besar kondisi pengujian didasarkan pada siklus hidup smartphone selama tiga tahun.
Sertifikasi TÜV Rheinland ini berisi 23 tes utama, seperti tes penggunaan harian akibat jatuh, tes suhu super tinggi hingga rendah, kelembaban, tegangan, masa pakai tombol, listrik statis, hingga tekanan udara.

Dengan ini, smartphone bakal awet apabila digunakan dalam jangka panjang. Namun bukan berarti ponsel sengaja dibanting untuk mengetes, melainkan ponsel tidak mudah rusak apabila jatuh secara tidak sengaja.

Kesimpulan
Mereka yang mau mengganti ponsel lama dengan baru di kualitas entry level atau pemula, realme C25s bisa menjadi pilihan. Dengan prosesor octa-core 12nm, baterai Mega 6000mAh dan Super Power Saving Mode, kamera 48 MP Triple AI, Quick Charge 18 W dengan USB-C, layar besar 6,5 inci, desain geometri, hingga slot Dual SIM dan MicroSD menjadikannya smartphone entry level paling powerful dan tahan banting.

Realme C25s akan tersedia di Lazada, akulaku, dan realme.com/id selama periode flash sale pada 23 Juli pukul 10 pagi. Harga realme C25s dengan RAM 4GB dan ROM 128GB dibanderol seharga Rp 2.249.000. Bagi kalian yang tertarik dengan realme C25s, realme juga memiliki program #belirealmedarirumah untuk melayani pembelian dari rumah selama PPKM berlangsung.

Review Realme C25s HP Tahan Banting dan Baterai Awet

Sumber : https://www.suara.com/tekno/2021/07/23/120415/review-realme-c25s-hp-entry-level-powerful-dan-tahan-banting?page=all

Baca Yuk :