Prospek Kerja Jurusan DKV yang Paling Menjanjikan. Desain Komunikasi Visual adalah jurusan kreatif yang memiliki prospek kerja sangat luas. Hasil karya DKV dapat ditemukan di mana-mana. Itulah alasan mengapa lulusan DKV dibutuhkan banyak industri.

Prospek Kerja Jurusan DKV yang Paling Menjanjikan

Baca Yuk :

Nah, apa saja ya prospek kerja jurusan Desain Komunikasi Visual? Berikut PhiRadio mengulasnya untuk kamu.

  1. Art Director

Bekerja di berbagai industri seperti biro iklan, firma hubungan masyarakat, atau penerbit buku, majalah, atau surat kabar untuk menciptakan gaya visual, tata letak, atau kemasan produk secara keseluruhan. Atau, mereka dapat bekerja dengan Produser dan Direktur produksi teater, televisi, atau film untuk mengawasi desain set.

Sobat Phi mesti menentukan cara terbaik untuk merepresentasikan konsep secara visual. Kamu juga akan berhubungan dengan klien untuk menentukan pendekatan dan gaya artistik yang diinginkan. Kemudian, mengembangkan tampilan atau gaya keseluruhan dari kampanye iklan, buku, majalah atau surat kabar, teater, televisi atau set film.

Memutuskan foto, seni, atau elemen desain lain yang akan digunakan. Lalu mengawasi staf kreatif, seperti fotografer, penulis, dan editor. Meninjau dan menyetujui desain, karya seni, fotografi, dan grafik. Kamu juga akan belajarĀ  mengembangkan anggaran dan jadwal yang terperinci. Nantinya, kamu harus mempresentasikan desain kepada klien untuk persetujuan.

  1. Ilustrator

Merencanakan dan membuat sketsa, gambar, infografis dan ilustrasi untuk media cetak dan digital untuk tujuan mengkomunikasikan pesan atau memperjelas makna. Hasil Kerja ilustrator biasanya ditemukan di buku, majalah, video game, dan di situs web.

Tugasmu menentukan tujuan dan batasan dari ringkasan desain dengan berkonsultasi dengan klien dan pemangku kepentingan. Melakukan penelitian, menganalisis kebutuhan komunikasi dan merencanakan jadwal kerja.

Kemudian merumuskan konsep desain dan ilustrasi untuk subjek yang akan dikomunikasikan; menggunakan media tradisional seperti drawing, painting, drafting, collage, model, fotografi, dan media digital. Lalu menegosiasikan solusi desain dengan klien dan pemangku kepentingan.

  1. UI & UX Designer

Antarmuka Pengguna (UI) Desainer merancang antarmuka dalam program perangkat lunak, aplikasi seluler, game, dan situs web dengan fokus pada tampilan atau gaya. Sedangkan UX Desainer merancang pengalaman pengguna (UX).

Membuat panduan gaya yang kohesif dan memastikan bahwa bahasa desain yang konsisten diterapkan di seluruh produk. Lalu merancang dan mengatur komponen antarmuka, dan menyiapkan aset untuk tim pengembangan. Mengkomunikasikan alasan desain untuk mencapai keselarasan dan pemahaman bersama dengan berbagai pemangku kepentingan dan pengembang yang membangun produk.

  1. Photographer

Fotografer adalah seniman profesional yang menggunakan kamera digital atau film untuk menghasilkan gambar berkualitas artistik atau komersial untuk berbagai kegunaan. Bekerja dengan klien untuk menentukan visi dan sudut untuk pemotretan.

Menyiapkan dan memotret foto di studio atau mengambil foto di lokasi. Kemudian, memilih dan merakit peralatan dan properti latar belakang yang diperlukan, sesuai dengan subjek, bahan, dan kondisi. Memilih peralatan dan pengaturan yang benar untuk setiap subjek.

Menggunakan kamera tradisional atau digital, beserta berbagai perlengkapan seperti tripod, filter, dan attachment flash untuk mengambil foto. Menyesuaikan apertur, kecepatan rana, dan fokus kamera berdasarkan kombinasi berbagai faktor seperti pencahayaan, kedalaman bidang, gerakan subjek, jenis film, dan kecepatan film. Meninjau dan menyempurnakan foto secara digital menggunakan perangkat lunak pengedit foto digital.

Prospek Kerja Jurusan DKV yang Paling Menjanjikan

Nah, selain daftar pekerjaan di atas, alumni DKV masih memiliki peluang bidang kerja yang sangat luas. Adakah pekerjaan yang Sobat Phi incar?

Sumber : https://unjkita.com/prospek-kerja-desain-komunikasi-visual/

Baca Yuk :