Mengenal Tumor Kelenjar Getah Bening. Kelenjar getah bening adalah kelenjar yang ada di dalam bagian tubuh manusia yang memiliki bentuk bulat dan dilingkupi oleh kapsul jaringan ikat.

Dalam kondisi normal, kelenjar ini berperan sebagai penyaring cairan limfa (atau getah bening) yang akan beredar ke seluruh tubuh melalui pembuluh limfa. Peran dari kelenjar ini hampir mirip dengan darah, yaitu akan mengaliri bagian organ tubuh lainnya.

Baca Yuk :

Apa itu tumor kelenjar getah bening?

Dikutip dari Lymphoma News Today, tumor kelenjar getah bening atau limfoma merupakan jenis tumor yang muncul pada sel darah putih yang disebut limfosit. Jika limfoma ini tidak bersifat kanker disebut degan limfoma jinak, pseudolimfoma, atau hiperplasia limfoid jinak (BLH).

Limfoma bisa terus berkembang saat limfosit tumbuh secara tidak normal dan muncul sel-sel yang baru di antara sel yang mati. Tumor jinak ini biasanya terjadi pada kelenjar getah bening. Pertumbuhannya tergolong lambat dan cenderung tidak meluas ke jaringan atau bagian tubuh terdekat lainnya.

Apa penyebabnya Kelenjar Getah Bening?

Penyebab pasti tumor kelenjar getah bening masih belum diketahui sepenuhnya. Tetapi, ada beberapa hal yang mungkin bisa menjadi penyebab dari penyakit tersebut, yaitu:

  • Paparan radiasi
  • Kebiasaan makan tertentu
  • Stres
  • Trauma atau cedera lokal
  • Peradangan atau infeksi
  • Efek dari obat-obatan

Gejalanya apa saja?

Adapun beberapa gejala yang muncul saat seseorang mengidap tumor kelenjar getah bening, yaitu:

  • Muncul rasa nyeri saat menekan kelenjar yang bengkak
  • Kelenjar mengalami pembengkakan, bisa menyebabkan benjolan di leher atau bagian lainnya
  • Area kelenjar yang bengkak akan terasa lebih sensitif misalnya seperti, leher menjadi tidak nyaman atau terasa sakit saat digerakkan
  • Muncul rasa sakit di bagian perut dan terjadi pembengkakan
  • Merasa cepat kenyang, meski hanya makan sedikit
  • Mengalami sesak napas atau batuk yang tak kunjung sembuh
  • Demam
  • Berat badan menurun secara drastis
  • Sering merasa lelah
  • Berkeringat di malam hari
  • Anemia atau kekurangan sel darah merah

Mengenal Tumor Kelenjar Getah Bening

Di dalam tubuh manusia ada sekitar 600 buah kelenjar limfa atau getah bening, namun tidak semua jumlah tersebut dapat dirasakan atau diraba. Hanya pada beberapa bagian saja kelenjar ini dapat diraba dan dirasakan, misalnya saja seperti di bagian leher, bawah dagu, ketiak, dan sela paha.

Dalam kondisi abnormal, kelenjar ini dapat menimbulkan adanya pembengkakan. Dimana pembengkakan kelenjar getah bening merupakan sebuah kondisi terjadinya pembengkakan pada bagian tersebut yang diakibatkan adanya penggumpakan jaringan kecil di dalamnya.

Kelenjar ini merupakan salah satu bagian dari sistem imun tubuh manusia, khususnya untuk sistem limfatik. Dimana di dalam kelenjar ini mengandung sel darah putih dan antibodi yang akan berperan untuk melawan bakteri, virus, infeksi dan beberapa penyakit lainnya. Saat tubuh manusia terserang infeksi atau penyakit, maka tubuh akan lebih banyak memproduksi sel darah putih. Meningkatnya jumlah sel darah putih pada kelenjar limfa inilah yang menimbulkan adanya pembengkakan atau pembesaran pada jaringan tersebut.

Pembengkakan kelenjar limfa atau getah bening ini merupakan kondisi yang umum terjadi. Bahkan bisa terjadi pada usia berapa pun. Namun, wanita memang memiliki resiko yang lebih besar dibandingkan pria. Biasanya kelenjar yang mengalami pembengkakan akan mengecil dengan sendirinya setelah infeksi atau penyakit yang menyerang tubuh terobati. Penyembuhan biasanya akan memakan waktu sekitar 1 minggu dan bahkan lebih.

Meskipun kelenjar ini sering mengalami pembengkakan seiring adanya infeksi atau penyakit yang menyerang tubuh. Namun bukan berarti jika terjadinya pembengkakan tersebut tidak membahayakan. Dalam beberapa kasus yang telah ditemui, terjadinya pembengkakan pada kelenjar getah bening menandakan adanya penyakit kanker kelenjar limfoma hodgkin dan kanker kelenjar limfoma non-hodgkin.

Untuk mengetahui duk kemungkinan terjadinya penyakit kanker tersebut, setiap orang harus melakukan pemeriksaan dokter untuk diagnosis yang lebih lanjut. Namun selain itu, pembengkakan kelenjar limfa juga ditandai dengan beberepa gejala dan kondisi lainnya.

Mengenal Tumor Kelenjar Getah Bening

Sumber : https://health.detik.com/berita-detikhealth/d-4438724/penyakit-kelenjar-getah-bening-gejala-penyebab-pengobatan

Baca Yuk :