Mark Zuckerberg Membuat Sarung Tangan Haptic, Menghadirkan Rasa Sentuhan yang Realistis di Metaverse, Mark Zuckerberg menjadikan metaverse atau dunia virtual sebagai masa depan Facebook.

Saat ini Mark Zuckerberg telah memamerkan sarung tangan canggih yang bisa memunculkan sensasi pengguna menyentuh objek virtual.

Baca Yuk :

Mark Zuckerberg Membuat Sarung Tangan Haptic, Menghadirkan Rasa Sentuhan yang Realistis di Metaverse

Dikutip dari The Verge, Sarung tangan ini dikembangkan oleh Meta Reality Lab selama tujuh tahun terakhir. Sarung tangan ini menggunakan teknologi haptic.

Sarung tangan haptic menurut Mark Zuckerberg kedepannya akan digunakan untuk menghadirkan rasa sentuhan yang lebih realistis di Metaverse.

Melalui unggahan di media sosial Instagram-nya @zuck.

 

Lihat postingan ini di Instagram

 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Mark Zuckerberg (@zuck)

“Tim Reality Labs Meta sedang membuat sarung tangan haptic untuk menghadirkan rasa sentuhan yang realistis di metaverse,” kata Mark Zuckerberg.

Mark Zuckerberg menjelaskan bahwa sarung tangan haptic nantinya akan membuat Anda bisa merasakan tekstur dan tekanan dari benda virtual yang disentuh suatu hari nanti.

Haptic sendiri berasal dari bahasa Yunani “haptesthai” yang artinya ‘menyentuh’. Perangkat yang menggunakan teknologi haptic melibatkan kontak fisik antara komputer dan pengguna.

Meta mengklaim sedang mengembangkan prosesor mikofluida pertama di dunia untuk mengontrol aliran udara yang menggerakkan aktuator yang menghantarkan haptic.

Sistem pelacakan tangan juga sedang dalam proses sehingga aktuator tahu kapan harus mengirimkan umpan balik haptic. Instruksi untuk mengaktifkan aktuator diberikan oleh mesin rendering haptic berdasarkan pemahamannya tentang data pelacakan tangan.

Sarung tangan yang dipamerkan Zuckerberg memberikan sensasi seperti menggenggam objek yang ada di dunia nyata, padahal itu tidak bisa dilihat dengan mata secara langsung.

Ketika pengguna memasuki dunia virtual, sarung tangan ini bisa menyesuaikan tekanan, sehingga seperti menyentuh benda nyata yang ada dalam dunia virtual.

Tim Meta Reality Labs, saat ini hanya mencoba mencari tahu seberapa nyata sentuhan menggunakan sarung tangan haptic untuk digabungkan dengan teknologi VR.

Tim dan Mark Zuckerberg belum memberikan informasi kepastian kapan perangkat sarung tangan canggih ini akan diproduksi massal dan dipasarkan ke seluruh dunia.

(theverge.com, cnbcindonesia.com)

Mark Zuckerberg Membuat Sarung Tangan Haptic, Menghadirkan Rasa Sentuhan yang Realistis di Metaverse

Baca Yuk :

Artikel Sebelumnya : «
Artikel Selanjutnya : »

Tags: , , , , , , , , , ,