Kumpulan Film Tentang Kemerdekaan. Setiap tahun, Indonesia memperingati hari lahirnya pada 17 Agustus. Di tahun 2021 ini, Indonesia menginjak usia 76 tahun.

HUT Republik Indonesia (RI) ke-76 sudah di depan mata. Ada beberapa film tentang Hari Kemerdekaan yang bisa Anda tonton untuk merayakannya.

Baca Yuk :



Kumpulan Film Tentang Kemerdekaan

Ada banyak cara untuk memperingati Hari Kemerdekaan Indonesia. Setiap rumah umumnya akan mengibarkan bendera merah putih. Rangkaian upacara virtual juga akan diselenggarakan pada tahun ini.

Jika biasanya gelaran berbagai lomba membuat peringatan 17 Agustus jadi lebih semarak, tidak dengan kali ini. Pandemi membuat lomba balap karung dan kawan-kawan harus ditiadakan demi menekan laju penularan Covid-19.

Namun, Anda tak perlu khawatir. Agar perayaan HUT RI ke-76 tak kalah seru, Anda bisa menonton sejumlah film bertemakan kemerdekaan.

Sejumlah film tentang Hari Kemerdekaan ini bercerita tentang banyak hal. Mulai dari yang mengangkat langsung kisah perjuangan mempertahankan Indonesia di masa lampau hingga berbagai film yang mengangkat semangat nasionalisme.

Berikut rekomendasi film yang bisa ditonton di Hari Kemerdekaan.

1. Merah Putih (2009)

Cerita yang diangkat Merah Putih diadaptasi dari kisah perjuangan kemerdekaan Indonesia pada tahun 1947 silam. Kala itu, Agresi Militer Belanda I meletus di Jawa Tengah.

Disutradarai oleh Yadi Sugandi, fokus utama cerita Merah Putih terletak pada sekelompok karakter fiktif yang berusaha mempertahankan kemerdekaan Indonesia dari serangan Belanda.

Film ini dibintangi oleh sejumlah aktor kenamaan Tanah Air seperti Lukman Sardi, Donny Alamsyah, Darius Sinathrya, Teuku Rifnu Wikana, dan masih banyak lagi.

Merah Putih juga merupakan film pertama dari Trilogi Merdeka, yang diikuti oleh Darah Garuda dan Hati Merdeka.

2. Darah Garuda (2010)

Film Darah GarudaBagian ‘Trilogi Merdeka’ lainnya, Darah Garuda, juga jadi film tentang hari kemerdekaan Indonesia. (Margate House via Flik TV)

Sebagai bagian dari trilogi, Darah Garuda menghadirkan karakter yang sama sebagaimana yang ditampilkan dalam Merah Putih. Kali ini, keempat sekawan harus berhadapan dengan kelompok gerilyawan lainnya.

Perlahan konflik pun muncul. Dalam perjalanannya, mereka terkepung, baik oleh musuh dari luar maupun dalam. Di sini, mereka harus bersatu dan saling percaya karena yang mereka kejar adalah satu, yakni kemerdekaan.

3. Hati Merdeka (2011)

Rekomendasi selanjutnya adalah Hati Merdeka, yang merupakan bagian terakhir dari Trilogi Kemerdekaan.

Masih dibintangi oleh nama-nama yang sama, kali ini Hati Merdeka berkisah saat kesetiaan keempat sekawan ini kembali diuji. Mereka diuji dengan mundurnya pimpinan mereka, Amir (Lukman Sardi) dari Angkatan Darat.

Tak ayal, persahabatan mereka pun diuji dan mulai goyah. Berbagai konflik mulai bermunculan.

4. Soekarno (2013)

Poster Film Soekarno: Indonesia MerdekaSebagai salah satu film tentang hari kemerdekaan Indonesia, Soekarno berkisah mengenai kehidupan sosok founding father Indonesia, Ir. Soekarno. (Dok. MVP Pictures)

Sesuai dengan judul filmnya, film garapan Hanung Bramantyo ini mengisahkan tentang kehidupan presiden pertama Republik Indonesia, Ir. Soekarno.

Dalam film ini, sosok Soekarno diperankan oleh Ario Bayu.

Film ini juga memperlihatkan momen detik-detik pembacaan naskah Proklamasi Kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus 1945.




5. Jenderal Soedirman (2015)

Dirilis tahun 2015, sesuai namanya, film ini mengisahkan kehidupan sosok Jenderal Soedirman.

Kali ini, aktor Adipati Dolken dipercaya untuk memerankan tokoh nasional Jenderal Soedirman ini.

Latar cerita dari film ini diambil dari peristiwa Agresi Militer Belanda II yang terjadi di Pulau Jawa tahun 1948. Film ini mengisahkan kegigihan Jenderal Soedirman saat memimpin pasukannya melawan Belanda.

6. Battle of Surabaya (2015)

Film Animasi Battle of SurabayaBattle of Surabaya jadi salah satu film tentang hari kemerdekaan Indonesia yang dikemas dalam bentuk animasi. (Dok. MSV cinema)

Film garapan sutradara Aryanto Yuniawan ini berkisah tentang perjuangan rakyat Indonesia melawan kependudukan Belanda dalam bentuk animasi.

Kisah ini mengambil latar belakang peristiwa 10 November 1945 di Surabaya, Jawa Timur, sebagai salah satu pertempuran hebat di Indonesia.

Kisahnya berfokus pada Musa, remaja yang berprofesi sebagai tukang semir sekaligus kurir kode-kode rahasia bagi para pejuang saat itu.

7. Kartini (2017)

Film KartiniKartini jadi salah satu film tentang hari kemerdekaan Indonesia yang berpesan bahwa meraih kemerdekaan tak melulu lewat perang. (Screenshoot via www.filmkartini.com)

Kartini merupakan film bertemakan nasionalisme yang mengangkat sosok salah satu perempuan hebat di Indonesia. Kartini dikenal sebagai pejuang kesetaraan hak bagi perempuan Indonesia.

Film yang disutradari Hanung Bramantyo ini mengisahkan kehidupan Kartini (Dian Sastrowardoyo). Anda akan melihat bagaimana perjuangan seorang Kartini untuk meningkatkan kesetaraan bagi perempuan di Jepara, Jawa Tengah.

Lewat film ini, Anda akan tahu bahwa meraih kemerdekaan tak melulu harus melalui perang atau pertempuran.

Kumpulan Film Tentang Kemerdekaan

Itu-lah rekomendasi film tentang Hari Kemerdekaan Indonesia yang bisa menyemarakkan HUT RI ke-76. Selamat menonton!

Sumber : https://www.cnnindonesia.com/hiburan/20210809144640-225-678267/7-film-tentang-kemerdekaan-merah-putih-hingga-kartini

Baca Yuk :