Kartu Nikah Digital Kemenag Siap Diluncurkan Akhir Mei 2021. Hampir seluruh produk dokumen mulai beralih dari bentuk konvensional menjadi digital, salah satunya seperti dokumen pernikahan berupa buku nikah yang kini tengah ramai dibicarakan.

Kabar baik datang dari KUA, bagi pasangan suami istri yang telah atau akan menikah, sepertinya tak perlu lagi repot kesana kemari membawa buku nikah.

Baca Yuk :

Peluncuran Kartu Nikah Digital tersebut merupakan salah satu bagian revitalisasi Kantor Urusan Agama (KUA) dalam memberikan kemudahan dan layanan berkualitas kepada masyarakat.

Pasalnya, Kartu Nikah Digital dikabarkan akan diluncurkan Kementerian Agama (Kemenag) pada akhir Mei 2021 mendatang. Dunia saat ini sudah beralih ke era digitalisasi, termasuk Indonesia. Peluncuran Kartu Nikah Digital tersebut rencananya dilaksanakan bersamaan dengan kick off enam KUA Piloting di KUA Banjarnegara, Jawa Tengah.

Kartu Nikah Digital Kemenag Siap Diluncurkan Akhir Mei 2021

Muharam Marzuki yang merupakan Direktur Bina KUA dan Keluarga Sakinah Kemenag menungkapkan bahwa Kartu Nikah Digital memiliki banyak manfaat.

Ada banyak manfaat Kartu Nikah Digital. Pertama, kecepatan mengakses data diri dari pasangan suami istri sebagaimana tertera dalam kartu tersebut.

Manfaat yang kedua, yakni dengan Kartu Nikah Digital akan mempermudah pengecekan keabsahan pernikahan pasangan suami istri.

Kita juga bisa mengecek benarkah mereka berdua benar-benar pasangan suami istri. Kemudian kita juga bisa mengecek secara cepat kapan menikahnya.

Sedangkan untuk manfaat yang ketiga, keberadaan Kartu Nikah Digital merupakan upaya Kemenag untuk menghindari pemalsuan dokumen pernikahan.

Muharam Marzuki menyebut, Kartu Nikah Digital juga menghindarkan praktik penipuan yang dilakukan oleh salah satu pasangan.

Ia juga menyebut bahwa kehadiran Kartu Nikah Digital juga mempercepat layanan bagi pasangan pengantin.

Sebab, pasangan pengantin yang baru saja melangsungkan pernikahannya bisa menerima Kartu Nikah Digital secara online yang dikirim pihak KUA kepada pasangan pengantin melalui nomor WhatsApp maupun alamat email.

Begitu selesai melakukan akad nikah, maka pihak KUA bisa mengeksekusi Kartu Nikah Digital yang kemudian dikirim kepada pasangan pengantin melalui layanan online seperti WhatsApp atau melalui email. Itu sudah terakses dari pihak KUA bisa langsung mengirim ke nomor telepon atau email yang didaftarkan. Itu sudah mengurangi waktu, biaya.

Kartu Nikah Digital Kemenag Siap Diluncurkan Akhir Mei 2021

Sumber : https://www.pikiran-rakyat.com/nasional/pr-011930974/kartu-nikah-digital-siap-diluncurkan-akhir-mei-2021-simak-4-manfaatnya-menurut-kemenag

Baca Yuk :