Hari Kesehatan Mental Sedunia 10 Oktober 2021. Simak beberapa poin pentingnya seperti dikutip dalam Panduan Hari Kesehatan Jiwa Sedunia Tahun 2021 yang dirilis oleh Direktorat Pencegahan dan Pengendalian Masalah Kesehatan Jiwa dan Napza, Sabtu (9/10/2021).

Masalah kesehatan jiwa di kalangan masyarakat menjadi salah satu sorotan penting terutama pada masa pandemi Covid-19 kali ini. Tahukah Anda, setiap tahunnya, bertepatan dengan tanggal 10 Oktober, diperingati sebagai Hari Kesehatan Jiwa Sedunia atau Hari Kesehatan Mental Sedunia.

Baca Yuk :

Hari Kesehatan Mental Sedunia 10 Oktober 2021

Pada peringatan Hari Kesehatan Jiwa Sedunia 2021 kali ini bertemakan secara global “Mental Health In An Unequal World” dengan subtema nasional “Kesetaraan Dalam Kesehatan Jiwa Untuk Semua”. Isu yang diangkat adalah tentang upaya perawatan kesehatan jiwa atau mental seharunya diperuntukkan kepada semua orang.

Apalagi mengingat pandemi covid-19 memberikan dampak yang cukup masif ke semua orang. Tidak hanya gangguan kesehatan fisik, tapi juga kesehatan mental dan jiwa orang-orang terganggu akibat pandemi ini.

Tujuan Hari Kesehatan Jiwa Sedunia atau Kesehatan Mental Sedunia

Tujuan peringatan Hari Kesehatan Jiwa Sedunia (HKJS) yang jatuh pada tanggal 10 Oktober setiap tahunnya adalah dalam rangka meningkatkan kesadaran dan kepedulian masyarakat akan pentingnya kesehatan jiwa serta mendorong mobilisasi upaya dalam rangka mendukung kesehatan jiwa..

Tak hanya kepada masyarakat, secara umum kegiatan tahunan ini bertujuan meningkatkan pengetahuan dan pemahaman tenaga kesehatan, pemerhati kesehatan jiwa serta masyarakat terkait isu-isu kesehatan jiwa, memaparkan, dan membahas berbagai tantangan seputar masalah kesehatan jiwa.

Melalui tema tersebut, semua negara diharapkan dapat memberikan akses layanan yang lebih luas dan lebih besar agar kesehatan mental lebih terjamin dan setara dengan kesehatan fisik lainnya.

Secara khusus, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dalam peringatan Hari Kesehatan Mental Sedunia 2021 menyinggung dampak pandemi COVID-19. Disebutkan, pandemi memberikan dampak serius pada kesehatan mental seseorang.

Adapun tujuan khusus diselenggarakannya hari penting dalam dunia kesehatan jiwa ini sebagai berikut :

  1. Meningkatkan kesadaran dan kepedulian masyarakat akan pentingnya isu-isu kesehatan jiwa.
  2. Mendorong peran berbagai tenaga profesional jiwa.
  3. Mendorong semua mitra kerja dan komunitas kesehatan jiwa untuk melakukan inovasi yang terintegrasi untuk meningkatkan kesehatan.

Untuk menyemarakkan peringatan hari kesehatan jiwa sedunia tahun 2021, seluruh kalangan masyarakat maupun tenaga kesehatan jiwa dapat mengunggah foto dengan twibbon khusus dan dibagikan di sosial media. Berikut link twibbonnya untuk Anda:

Beberapa kelompok yang secara khusus rentan terdampak antara lain:

  • Tenaga kesehatan dan para petugas di garis depan
  • Pelajar
  • Orang-orang yang hidup sendirian
  • Orang-orang dengan kondisi kesehatan mental yang sudah ada sebelumnya.

Slogan resmi :

Mental health care for all: let’s make it a reality

Hashtag resmi:
#WorldMentalHealthDay

Kondisi Kesehatan Mental di Indonesia

Direktur Pencegahan dan Pengendalian Masalah Kesehatan Jiwa dan Napza Dr Celestinus Eigya Munthe menyebut saat ini 20 persen penduduk Indonesia memiliki potensi masalah gangguan jiwa. Artinya, 1 di antara 5 penduduk berisiko mengalaminya.

Masalah lain yang dihadapi adalah terbatasnya sarana pelayanan, termasuk RS Jiwa. Dikatakan, saat ini belum semua provinsi memiliki rumah sakit jiwa sehingga tidak semua orang dengan gangguan jiwa bisa mendapat pengobatan yang semestinya.

“Masalah sumber daya manusia profesional untuk tenaga kesehatan jiwa juga masih sangat kurang, karena sampai hari ini jumlah psikiater sebagai tenaga profesional untuk pelayanan kesehatan jiwa kita hanya mempunyai 1.053 orang,” jelasnya dalam konferensi pers Hari Kesehatan Jiwa Sedunia 2021.

Kondisi ini memberikan beban ekstra dalam penanganan masalah mental atau kejiwaan. Diperkirakan satu psikiater di Indonesia melayani sekitar 250 ribu penduduk.

Demikian ulasan singkat mengenai tema, tujuan dan link twibbon peringatan Hari Kesehatan Jiwa Sedunia 2021 yang tahun ini jatuh bertepatan pada, Minggu 10 Oktober 2021.

Hari Kesehatan Mental Sedunia 10 Oktober 2021

Sumber : suara.com, detik.com

Baca Yuk :

Artikel Sebelumnya : «
Artikel Selanjutnya : »

Tags: , , ,