Gohu Ikan Kuliner Khas Ternate Yang Mirip Sashimi.Gohu ikan merupakan makanan khas Ternate yang terbuat dari ikan Tuna ataupun Cakalang mentah yang juga disebut sebagai Sashimi Ternate.

Jika di jepang ada di sashimi dan  di Peru ada ceviche, di Indonesia ada Gohu Ikan, Gohu Ikan adalah makanan yang disebut-sebut sebagai Ceviche Ala Ternate atau sashimi Ternate, Maluku Utara. Makanan berbahan dasar ikan ini matang dengan asam, namun ada pula yang menyiramkan minyak panas untuk mematangkan gohu ikan.

Baca Yuk :

Gohu Ikan Kuliner Khas Ternate Yang Mirip Sashimi

Gohu ikan umumnya berbahan dasar daging ikan tuna atau cakalang segar. Cara membuatnya cukup mudah. Daging ikan cakalang atau tuna dipotong menyerupai dadu.

Untuk menghilangkan bau dan rasa amis, daging ikan dilumuri jeruk cui dan garam. kemudian daging ikan ditaburi tumisan bawang merah, cabai rawit, dan kenari.

Di beberapa restoran, minyak goreng panas akan diguyurkan ke daging ikan. Lalu, daun balakama (kemangi) ditambahkan agar gohu ikan terlihat cantik dan makin sedap. Gohu ikan pun siap untuk disajikan dan disantap.

Resep Gohu Ikan Kuliner Khas Ternate

Bahan bahan

  • 250 gram ikan tuna, potong dadu, cuci bersih
  • 125 gr kacang tanah kupas, goreng hingga keemasan ditumbuk kasar
  • 4 sdm minyak kelapa
  • Bahan Bumbu:
  • 10 cabai rawit, rajang kasar
  • 2 batang kemangi
  • 12 siung bawang merah, rajang kasar
  • 2 buah lemon
  • garam secukupnya

Cara Membuat

  • Potong menjadi kotak kotak kecil.
  • Potong bawang merah, cabai merah serta kemangi, sisihkan
  • Haluskan kacang ( ulek kasar )
  • Campur perasan jeruk lemon, minyak kelapa, lada & garam. Aduk hingga rata.
  • Masukkan cabai, bawang, aduk, lalu masukkan kemangi dan aduk kembali
  • Masukan ikan kedalam kocokan cairan
  • HIdangkan di atas piring saji, lalu tambahkan kacang, sajikan

Sejarah Gohu Ikan

Secara umum aneka kuliner di Ternate diwarnai atau dipengaruhi oleh dua wilayah yang berdekatan dengan daerah ini, yaitu Maluku dan Sulawesi Utara. Seperti halnya dengan bahasa keseharian orang Ternate yang dapat dijumpai juga di sebagian wilayah Sulawesi utara dan seluruh Daerah Maluku, sama halnya juga dengan makanan dari daerah ini yang mempunyai citarasa khas dari Maluku dan sebagian dari Sulawesi Utara.

Ternate merupakan daerah kepulauan yang kecil, yang terpisah dari Provinsi Maluku Utara, tapi masih merupakan bagian dari Provinsi Maluku Utara. Selain itu, jenis pekerjaan penduduk di Ternate hampir sebagian besar bekerja sebagai nelayan, walaupun terdapat juga jenis pekerjaan lainnya seperti bertani. Dari sini pula menggambarkan bahwa makanan keseharian masyarakat Ternate selalu berkaitan dengan ikan laut

Gohu Ikan yang berbahan dasar ikan Tuna atau Ikan Cakalang mentah (bahasa masyarakat setempat: Gohu Ikang) merupakan makanan rakyat atau makanan konsumsi rumahan. Terlebih khusus, mereka yang berada di daerah pesisir pantai, karena biasanya yang menyantap hidangan tradisional mentah ini adalah para nelayan.

Gohu ikan kemungkinan muncul dari kebiasaan nelayan Ternate. Mereka pergi melaut mencari ikan selama berhari-hari ke berbagai perairan di sekitar Ternate seperti Laut Sulawesi di utara dan Laut Banda di selatan.

“Jenis-jenis ikan yang biasa ditangkap antara lain cakalang, komu (tuna), momar, tenggiri, silapa, lalosi, make, kawalinya, dan sebagainya.

Selama melaut, para nelayan mengolah hasil tangkapan mereka menjadi bahan makanan. Di antaranya ikan tuna dan cakalang.

Para Nelayan memakan mentah-mentah dengan tambahan bahan sederhana seperti cabai rawit dan bawang merah. Inilah bahan-bahan yang mudah dibawa dan diolah di atas kapal nelayan. Kebiasaan ini sepertinya berkembang semasa Ternate mulai dikenal sebagai wilayah penghasil rempah pada abad ke-14.

Biasanya gohu ikan menjadi makanan pendamping ketika menikmati nasi atau sagu, itulah informasi tentang Gohu Ikan Kuliner Khas Ternate, semoga bermanfaat.

(indonesiakaya.com, tastemade.com)

Gohu Ikan Kuliner Khas Ternate Yang Mirip Sashimi

Baca Yuk :

Artikel Sebelumnya : «
Artikel Selanjutnya : »

Tags: , , , , , , , , , , , , ,