Desa Wisata Penglipuran di Bali, Wisata Autentik Indonesia. Semenjak desa Penglipuran terlihat di salah satu stasiun TV Indonesia, yang digunakan sebagai tempat shooting FTV (film televisi). Minat wisatawan domestik untuk mengunjungi desa Penglipuran Bali semakin tinggi.

Setiap daerah di Indonesia tidak ada yang seragam. Semua memiliki keunikan dan kekhasannya masing-masing. Itulah yang menjadikan Indonesia kaya.

Dengan keberagamannya itu, menjadi potensi bagi masing-masing desa untuk mengembangkan dan menghadirkan produk unggulan yang autentik. Jika desa itu memiliki potensi alam, kembangkanlah wisata alam. Jika memiliki potensi budaya, kembangkanlah menjadi wisata adat dan budaya.

Salah satunya adalah Desa Wisata Penglipuran di Bali. Sebagai desa adat istiadat, daerah itu juga tersohor akan kebersihannya. Bahkan masuk dalam desa terbersih di dunia. Ini bisa menjadi “daya jual” bagi wisatawan, tak hanya domestik tapi juga internasional.

Desa Wisata Penglipuran di Bali, Wisata Autentik Indonesia

Hal ini kami tahu dari jumlah pemesanan paket tour murah ke Bali yang jadwalnya di rubah sesuai keinginan pelanggan, mencantumkan rute wisata ke desa adat Penglipuran. Walaupun jumlahnya belum signifikan seperti wisata ke Tanah Lot, tapi permintaan paket tour dengan itinerary Desa Penglipuran meningkat tiap tahunnya.

Lokasi Desa Adat Penglipuran Bali

Lokasi lokasi desa adat Penglipuran, berada di desa Kubu, kabupaten Bangli, provinsi Bali. Mungkin banyak dari anda tidak tahu, kabupaten Bangli di Bali bagian mana. Jika anda pernah wisata ke tempat wisata Kintamani atau Gunung Batur, inilah wilayah kabupaten Bangli.

Jarak & Waktu Tempuh

Sebagian besar dari anda saat liburan ke pulau Bali akan memilih menginap di area tempat wisata bagian selatan Bali. Seperti, Kuta, Seminyak, Legian, Jimbaran, Nusa Dua, Sanur. Agar anda lebih mudah mem buat itinerary Desa Penglipuran, ada baiknya anda tahu perkiraan jarak dan waktu tempuh ke Penglipuran village dari lokasi anda menginap.

Menyewa Sepeda Motor

Menggunakan sepeda motor untuk jalan-jalan di pulau Bali biasanya di sukai wisatawan yang liburan berdua dan ingin menghemat biaya transportasi. Untuk mencari jasa rental sepeda motor di pulau Bali sangatlah mudah, jika anda menginap pada area Bali selatan. Anda hanya perlu menggunakan Google untuk mencari penyedia jasa sewa motor di Bali dekat dengan lokasi hotel anda.

Harga rental motor di pulau Bali tergantung dari jenis motor yang anda ingin gunakan. Rata-rata harga sewa sepeda motor di Bali sekitar Rp 75,000/24 jam tanpa BBM.

Tempat Parkir Mobil

Di tempat wisata desa Penglipuran Bangli, tersedia tempat parkir yang lumayan luas dan lokasi parkir berdekatan dengan objek wisata. Biaya parkir sebesar Rp 5.000 / mobil. Jika ada perubahan dari biaya parkir, saya akan segera mengupdated di halaman ini. Di desa Penglipuran, dilarang untuk membawa masuk kendaraan bermotor untuk memasuki desa.

“Dari potensi yang ada dapat memberikan nilai tambah, sehingga wisatawan memperoleh pengalaman berwisata yang memuaskan,” ujar Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno dalam webinar bertajuk Memperkuat Ekonomi Indonesia Melalui Desa, beberapa waktu lalu.

Nilai tambah yang dimaksud adalah sesuatu yang bisa dilihat, dilakukan, dipelajari, dan dibeli. Dengan nilai tambah ini, produk unggulan di desa wisata akan bertransformasi menjadi produk wisata yang dapat ditawarkan kepada wisatawan.

Pengembangan desa wisata merupakan langkah Kemenparekraf dalam hal pemenuhan indikator prioritas pembangunan kewilayahan pada RPJMN 2020–2024. Sandi menargetkan sebanyak 244 desa wisata bersertifikasi menjadi desa wisata mandiri hingga 2024.

“Desa wisata ini harus menjadi desa mandiri dari desa rintisan. Oleh karena itu, kita all out, sehingga sektor pariwisata dan ekonomi kreatif itu bisa membangkitkan pertumbuhan ekonomi kita dan menyejahterakan masyarakat,” katanya.

Pada tahun 2020, Kemenparekraf telah memfasilitasi sertifikasi desa wisata berkelanjutan di 16 desa wisata. Sementara pada tahun 2021, Kemenparekraf akan menambah angka tersebut menjadi 52 desa wisata.

Dalam pengelolaan desa wisata rintisan menuju desa wisata mandiri, diperlukan SDM yang unggul. Oleh karenanya, pemetaan potensi kompetensi SDM di desa wisata perlu dilakukan.

Misalnya, potensi kompetensi SDM di bidang pariwisata bisa dilihat dari kemampuan dalam mengelola homestay atau menjadi pemandu wisata. Sementara pada bidang ekraf, kompetensi SDM dapat dipetakan dalam mengelola kuliner atau menjadi pengrajin kriya dan fesyen.

“Kita telah melakukan pemetaan kompetensi SDM di 67 desa wisata, tapi jumlah ini masih kurang, dan kita akan terus tingkatkan dengan kolaborasi. Sudah ada 14 asosiasi atau komunitas, dan 20 perguruan tinggi yang bekerja sama dengan Kemenparekraf,” ujarnya.

Setelah melakukan pemetaan SDM, Kemenparekraf memfasilitasi pelatihan berbasis kompetensi bagi SDM di desa wisata melalui up-skilling maupun re-skilling yang disesuaikan dengan kebutuhan pelatihan di desa tersebut.

Selain menciptakan SDM yang unggul, komponen yang diperlukan dalam kemajuan desa wisata antara lain atraksi, amenitas, aksesibilitas, serta aktivitas di desa wisata tersebut.

Jika seluruh komponen terpenuhi, urbanisasi masyarakat dari desa ke kota diharapkan dapat berkurang, karena banyak aktivitas ekonomi yang diciptakan. Selain itu, desa wisata dapat menjadi upaya dalam melestarikan dan memberdayakan potensi budaya lokal dan nilai-nilai kearifan lokal yang ada di kalangan masyarakat.

Sumber : https://www.validnews.id/Mendorong-Pengembangan-Wisata-Autentik-Indonesia-FqP

Read previous post:
Daftar Lengkap Pemenang Oscar 2021
Daftar Lengkap Pemenang Oscar 2021

Daftar Lengkap Pemenang Oscar 2021. Ini adalah pertama kalinya tim produksi dari kulit hitam dinominasikan untuk film terbaik. Pertama kalinya...

Close