Cara Parkir Mobil di Tempat Sempit Bagi Pemula. Jika sudah masuk dalam situasi ingin parkir, coba matikan audio lalu buka jendela. Berbagai mobil sudah punya sistem otomatis yang mengecilkan atau mematikan audio ketika masuk gigi mundur, namun jika mobil yang dipakai belum tersedia bisa dilakukan manual.

Cara Parkir Mobil di Tempat Sempit Bagi Pemula

Baca Yuk :

Parkir bisa menjadi kegiatan menantang dan menguras pikiran serta tenaga bagi pengemudi pemula. Keringat karena tegang bisa jadi mengucur lebih deras jika tempat parkir terbilang sempit.



Tegang lumrah saja, namun Anda disarankan jangan sampai panik sebab bisa malah membuat keputusan yang salah. Berikut tips parkir di tempat sempit, terutama buat pemula, yang disitat dari Auto2000.

Matikan audio dan buka jendela

Parkir butuh konsentrasi penuh dan bisa terganggu audio yang masih berisik. Sedangkan membuka jendela gunanya agar bisa lebih leluasa melihat keadaan sekitar biar parkir lebih aman.

Manfaatkan kaca spion

Anda punya tiga spion, yaitu di samping kanan dan kiri serta tengah di dalam kabin. Manfaatkan setiap spion ini untuk melihat situasi sekitar lebih jelas.

Anda dapat memperkirakan kondisi dan jarak mobil dengan objek-objek yang ada di luar menggunakan spion, khususnya yang ada di dekat lahan parkir mobil.

Tentukan patokan

Tidak semua parkiran punya pembatas untuk ban, bila menemukan yang seperti ini Anda disarankan membuat patokan sendiri misalnya menggunakan objek tertentu seperti batu, tanda di aspal, tanaman, atau lainnya.

Patokan ini juga berguna buat memastikan mobil berada di jalur yang tepat ketika mundur.




Pastikan pintu tak terhalang

Sebelum ingin masuk ke tempat parkir yang terlihat sempit, pastikan dulu pintu bisa terbuka sebagai akses keluar. Jangan sampai ketika berhasil parkir malah tak ada ruang cukup untuk keluar, misalnya terhalang tembok, pohon, atau mobil lain.

Manfaatkan sensor dan kamera parkir

Tidak semua mobil sudah tersedia kamera parkir, namun bila sudah ada bisa sangat membantu apalagi yang sudah dilengkapi sensor parkir. Kamera parkir biasanya langsung aktif ketika tuas transmisi masuk ke posisi gigi mundur.

Kamera parkir umumnya terdapat di belakang, tampilannya akan muncul di layar monitor di tengah dasbor. Sementara sensor parkir membantu dengan bantuan suara, misalnya ‘bip’, yang bila semakin dekat objek maka interval bunyinya akan semakin cepat.

Baca Yuk :