Cara Mendapatkan BLT 1,2 juta Untuk Pedagang Kaki Lima hingga Warteg. BLT tersebut akan diberikan kepada satu juta pelaku usaha informal yang terdampak PPKM Level 4. Para pedagang kaki lima (PKL) hingga pedagang warteg bak terkena angin segar.


Baca Yuk :

Pasalnya, pemerintah sedang mempersiapkan bantuan Rp 1,2 juta untuk pelaku usaha super mikro, seperti warteg hingga pedagang kaki lima (PKL).

Cara Mendapatkan BLT 1,2 juta Untuk Pedagang Kaki Lima hingga Warteg

Menurut Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto, pemerintah sudah menyiapkan anggaran Rp 55,21 triliun termasuk untuk Kartu Sembako, beras Bulog 10 kilogram, diskon tarif listrik, kuota internet gratis, hingga Kartu Prakerja.

“Program ini disiapkan untuk di daerah PPKM level 4 berlaku, level 4 menggantikan istilah darurat (pada kalimat PPKM Darurat), berlaku di 122 kab/kota (di Pulau Jawa-Bali) dan 15 Kab/Kota di luar Pulau Jawa-Bali,” ungkapnya, Rabu (21/7/2021).

Sementara itu, apa syarat dan bagaimana cara mendapatkan BLT bagi para pedagang tersebut?

kriteria penerima bantuan tunai Rp 1,2 juta adalah sebagai berikut:

1. Penerima adalah Pelaku Usaha Informasi yang Terdampak PPKM Level 4

Penerima bantuan tunai Rp 1,2 juta adalah pelaku usaha mikro atau super mikro yang terdampak PPKM Level 4.

Mereka antaralain PKL, warung, warteg, lapak jajajanan dan sebagainya.

2. Bukan Penerima BPUM/BLT UMKM

PKL yang mendapatkan bantuan Rp 1,2juta adalah PKL yang belum pernah mendapatkan Banpres Produktif Usaha Mikro (BPUM).




Untuk memastikan hal ini, petugas nantinya akan melakukan pengecekan melui NIK.

Menurut Airlangga Hartarto, cara mendapatkan BLT Rp 1,2 juta ini, masyarakat atau PKL harus mendaftar atau didaftar oleh petugas.

Pendaftaran akan dilakukan secara jemput bola melalui Babhinsa dan Bhabinkamtibmas dengan mendatangi calon penerima secara langsung.

“(Penyerahan) bantuan lebih sederhana, dalam bentuk tanda terima bagi penerima bantuan, warung, PKL, disertai dokumentasi foto yang memadai. Dan data NIK ini mendapat cleansing atau pembersihan data melalui BPKP. NIK sejalan dengan data di Kemendagri,” jelas Airlangga.

Cara Mendapatkan BLT 1,2 juta Untuk Pedagang Kaki Lima hingga Warteg

Sumber : https://health.grid.id/read/352803746/pedagang-kaki-lima-hingga-warteg-dapat-blt-rp-12-juta-begini-cara-mendapatkannya?page=all

Baca Yuk :