Cara Membuat Masker Wajah Alami yang Bantu Mencerahkan Kulit. Untuk membantu mencerahkan kulit wajah, Anda bisa menggunakan masker alami yang bisa dengan mudah dibuat.


Baca Yuk :

Masker wajah alami yang bisa membantu mencerahkan kulit patut untuk Anda coba. Kulit wajah cerah tentu menjadi idaman kebanyakan orang. Sebab, kulit wajah kusam dapat menimbulkan krisis kepercayaan diri yang mengganggu penampilan.

Cara Membuat Masker Wajah Alami yang Bantu Mencerahkan Kulit

Teh Hijau

Mungkin sudah banyak yang tahu jika teh hijau memiliki kandungan antioksidan yang cukup tinggi. Antioksidan tentu sangat baik untuk menangkal radikal bebas agar kulit dapat beregenerasi dengan cepat. Cara membuat masker alami untuk memutihkan wajah adalah dengan memakai daun teh hijau segar atau bubuk teh hijau sebagai masker wajah. Berikut langkah membuat masker alami dengan teh hijau:

1. Menggunakan daun teh langsung

– Rendam daun dalam air panas selama 15 menit
– Tunggu sampai agak dingin
– Oleskan airnya pada wajah

2. Menggunakan bubuk teh hijau

– Campurkan 1 sdm bubuk teh hijau dengan air hingga berbentuk pasta
– Gunakan sebagai masker dengan mengoleskan pada wajah
– Bilas setelah kering dengan air hangat

Pepaya

Enzim papain yang ada dalam pepaya dapat membantu meregenerasi kulit. Vitamin A, C, dan E sebagai anti-oksidan akan turut membantu menutrisi dan melembapkan kulit. Pepaya akan menjadi sunscreen atau tabir surya alami bagi kulit wajah. Cara membuatnya:

– Haluskan papaya
– Setelah lembut, gunakan sebagai masker
– Diamkan selama 30 menit
– Bilas dengan air hangat

Selain pepaya, alpukat juga disebut bisa bantu mencerahkan sekaligus mengurangi tanda penuaan dini pada kulit. Hal ini dikarenakan alpukat mengandung karotenoid anti-oksidan, vitamin E, dan vitamin C. Cara membuat maskernya adalah:

– Haluskan daging alpukat sampai lembut
– Oleskan pada wajah secara merata
– Diamkan selama 25 menit
– Bilas dengan air bersih




Madu

Madu menjadi bahan alami pertama yang bisa dijadikan sebagai masker dan membantu mencerahkan kulit. Madu mengandung bahan aktif yang dipercaya dapat mengeksfoliasi kulit sehingga mampu menghilangkan sel-sel kulit mati penyebab kulit kusam.

Untuk mendapatkan manfaat wajah cerah, Anda dapat menggunakan jenis madu murni. Kemudian, campurkan madu tersebut dengan beberapa tetes air untuk diencerkan agar teksturnya tidak lengket di wajah dan lebih mudah untuk dibersihkan.

Oleskan madu yang telah diencerkan dengan air sebelumnya ke permukaan kulit wajah yang sudah dibersihkan. Lalu, diamkan selama beberapa menit sebelum membilasnya dengan air bersih.

Jeruk Nipis

Jeruk nipis yang kaya kan antioksidan vitamin C juga akan membantu kamu untuk mendapatkan kulit agar terhindar dari jerawat. Selain itu, jeruk nipis juga bisa membantu untuk mecerahkan wajah, mengatasi minyak berlebih, dan mengangkat sel kulit mati. Bukan hanya berfungsi untuk memutihkan kulit wajah, tetapi kandungan vitamin C pada jeruk ini pun mampu menangkal radikal bebas. Cara pemakaiannya adalah:

– Belah jeruk nipis menjadi dua bagian
– Oleskan pada wajah secara merata
– Diamkan selama 30 menit samapi mongering
– Bilas dengan air bersih
– Untuk mendapatkan hasil yang memuaskan, kamu bisa lakukan cara ini secara teratur 2-3 kali seminggu

Selain jeruk nipis, Anda juga bisa menggunakan lemon. Sebab lemon juga kaya akan antioksidan dan vitamin C. Di dalam lemon juga terkandung asam alpha hidroksi yang dapat menangkal radikal bebas yang ada di dalam kulit.

Kentang

Kandungan mineral yang ada pada kentang dapat menjadi antibiotik alami agar penuaan wajah dapat melambat dan membantu regenerasi kulit. Antioksidan yang alami juga berperan penting agar noda atau flek wajah dapat tersamarkan dan hilang sempurna. Anda bisa memanfaatkan kentang sebagai masker wajah dengan cara:

– Tumbuk halus kentang yang sudah direbus
– Campurkan dengan Bengkoang merupakan salah satu buah yang sudah lama dipakai sebagai bahan aktif untuk mencerahkan kulit wajah. Hal ini dikarenakan bengkoang kaya akan vitamin B dan C yang sangat berperan penting untuk memutihkan wajah dan menjaga wajah agar tetap bersih bersinar. Untuk membuat masker bengkoang sendiri caranya adalah:

– Parut bengkoang hingga lembut
– Peras dengan menggunakan air
– Gunakan sarinya sebagai masker
– Diamkan selama 20 menit
– Bilas dengan air bersih
– Lakukan secara rutin

Tomat

Selanjutnya ada tomat yang juga bisa dipakai untuk masker wajah alami. Senyawa anti-oksidan yaitu lycopine ada dalam tomat yang terbukti dapat menangkal radikal bebas agar wajah cerah dan berseri. Tomat juga dapat menjadi tabir surya alami untuk meminimalisir kerusakan yang diakibatkan sinar UV. Untuk menggunakannya Anda bisa melakukan langkah berikut:

– Tumbuk halus tomat hingga menjadi bubur
– Oleskan pada wajah
– Diamkan selama 30 menit,
– Bilas dengan air bersih,
– Lakukan cara ini secara rutin 2 – 3 kali seminggu

Susu

Pada wajah terdapat kolagen agar kulit tetap terlihat kenyal dan tidak berkerut. Nah, susu memiliki kandungan vitamin D yang dapat meningkatkan produksi kolagen serta vitamin B6 berperan dalam merawat dan menjaga kulit agar tetap sehat dan lembap. Jika Anda memiliki jenis kulit kering, Anda bisa mencoba memakai susu untuk menjadi masker alami dengan cara:

– Campur 2 sdm susu segar dengan 1 sdm madu
– Jadikan masker wajah
– Biarkan selama 30 menit
– Setelahnya, bilas dengan air bersih

Cara Membuat Masker Wajah Alami yang Bantu Mencerahkan Kulit

Sumber : https://www.merdeka.com/trending/masker-wajah-alami-yang-bantu-mencerahkan-kulit-ketahui-cara-membuatnya-kln.html?page=all

Baca Yuk :