Bisnis Usaha Daun Kelor, Pengusaha Ini Justru Raup Omzet Miliaran!. Daun kelor dipercaya sebagai tumbuhan yang banyak dikaitkan dengan hal-hal mistis. Mulai dari mengusir jin, mengobati gangguan ilmu hitam, hingga menangkal gangguan astral di rumah dikatakan bisa menggunakan daun kelor.

Penjualan daun kelor ini juga dilakukan oleh seorang pria asal Blora. Adalah Ai Dudi Krisnadi yang ternyata berhasil kembangkan bisnis daun kelor hingga raup omzet Rp4 miliar per tahun.

Baca Yuk :



Bisnis Usaha Daun Kelor, Pengusaha Ini Justru Raup Omzet Miliaran!

Daun kelor identik dengan hal-hal mistis. Namun Dudi Krisnadi membuktikan kalau daun kelor bisa jadi komoditi yang menghasilkan omzet miliaran rupiah.

Di balik kisah mistisnya, daun kelor sebenarnya punya manfaat yang begitu banyak. Bahkan daun kelor juga menjadi komoditi ekspor yang dapat mendatangkan cuan besar.

Sebelum memulai bisnisnya, Dudi mengaku telah melakukan riset mendalam tentang daun kelor sejak tahun 2011. Riset panjang ini dilakukan oleh Dudi untuk mengetahui karakteristik, manfaat, hingga cara membudidayakan daun kelor dengan baik.

Usaha daun kelor yang masih dianggap tabu membuat Dudi banyak menghadapi rintangan. Mulai dari waktu memahami daun kelor yang panjang hingga dianggap gila oleh masyarakat sekitar karena melakukan hal bertentangan dengan kepercayaan yang banyak dianut oleh warga sekitarnya.

“Dianggap orang gila, diusir tokoh-tokoh kata bertentangan dengan ilmu-ilmu mereka. Sempat dikira mau melawan ilmu magis mereka,” kata Dudi.

Menurut keterangan Dudi, daun kelor memiliki manfaat lebih dari sekadar sebagai sebuah tanaman magis. Di Eropa, Timur Tengah hingga Amerika kebutuhan untuk permintaan daun kelor begitu besar karena dipercaya khasiatnya untuk berbagai kesehatan.

Sebagai negara tropis yang dekat dengan matahari, potensi budidaya daun kelor sebenarnya begitu tinggi. Saat ini Indonesia telah mampu memenuhi hingga 30% kebutuhan daun kelor di dunia dengan sisa hingga 80%nya dikuasai oleh produksi daun kelor asal India.

Untuk saat ini, usaha bisnis daun kelor Dudi telah berhasil mengembangkan hingga lebih dari 150 produk daun kelor. Hampir semua produk olahannya juga telah terdaftar dan mendapatkan sertifikat layak konsumsi dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

“Hampir seluruh syarat sertifikasi industri pangan itu sudah saya penuhi. Bangsa kita mampu kok jadi ‘pemain’ kelor di dunia,” kata Dudi.




Selama 10 tahun Dudi memang berfokus untuk terus meningkatkan kualitas produk olahan daun kelor buatannya. Secara alami daun kelor memang memiliki nutrisi yang padat bahkan dikatakan bisa mengatasi masalah gizi pada anak. Dudi juga menambahkan bahwa jika diolah dengan cara yang tepat nutrisi dan manfaat daun kelor ini bisa menjadi berlipat ganda khasiatnya.

Dudi mengatakan bahwa akhir-akhir ini pebisnis daun kelor di Indonesia juga perlahan mulai meningkat. Tetapi menurutnya masih diperlukan sangat banyak orang-orang yang mau mengolah daun kelor karena potensi daun kelor Indonesia begitu baik dan punya harapan yang besar.

Bisnis Usaha Daun Kelor, Pengusaha Ini Justru Raup Omzet Miliaran!

Sumber : https://food.detik.com/info-kuliner/d-5719225/daun-kelor-sering-dianggap-mistis-pengusaha-ini-justru-raup-omzet-miliaran

Baca Yuk :