Analisis BMKG soal Gempa Sukabumi 5,6 SR Terkini. Gempa bumi dengan magnitudo 5,6 terasa di DKI Jakarta dan sekitarnya. Kejadian gempa tersebut terasa sekitar 30 detik. Gempa bermagnitudo 5,6 yang terjadi di Sukabumi, Jawa Barat, terasa hingga Jakarta. BMKG mengatakan gempa bumi tersebut memiliki pergerakan mendatar.

“Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas subduksi.

Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi memiliki pergerakan mendatar (strike slip),” kata Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Bambang Setiyo Prayitno dalam keterangan tertulis, Selasa (27/4/2021).

BMKG memperbarui gempa bumi yang awalnya memiliki magnitudo M 5,6 kemudian di-update menjadi magnitudo Mw=5,0. Episentrum gempa bumi terletak pada koordinat 7,74 LS dan 106,92 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 89 km arah selatan Kota Sukabumi, Jawa Barat, pada kedalaman 58 km.

Analisis BMKG soal Gempa Sukabumi 5,6 SR Terkini

Adapun guncangan gempa bumi ini terasa di daerah Sukabumi, Rangkasbitung, Bayah, Cihara, Cilograng, Panggarangan, Bogor III MMI (getaran dirasakan nyata dalam rumah). Skala III MMI adalah terasa getaran seakan akan truk berlalu, Tangerang Selatan, Jakarta, Bandung II MMI (getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang).

Hingga saat ini, belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami.

BMKG meminta masyarakat tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya serta menghindari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa.

Read previous post:
Pengertian Tekanan Hidrostatis dari Peristiwa KRI Nanggala-402
Pengertian Tekanan Hidrostatis dari Peristiwa KRI Nanggala-402

Pengertian Tekanan Hidrostatis dari Peristiwa KRI Nanggala-402. Tekanan hidrostatis air meningkat sebanyak 1 atm setiap kedalaman 10 meter. Jika tekanan...

Close